Berita

Ini Formasi CPNS di Palas

PALAS, FaseBerita.ID – Tahun ini ada, penerimaan CPNS serentak hampir di seluruh Kabupaten/kota di Indonesia. Tak terkecuali di Kabupaten Palas. Ada 127 quota yang terbuka bagi para pendaftar. Mulai dari kriteria pelamar formasi umum dan formasi khusus (cumlaude, disabilitas, diaspora).

Informasi yang dihimpun, untuk formasi umum lulusan S1 tenaga pendidik 61, tenaga kesehatan 30, tenaga teknis 36. Untuk lebih detailnya, pelamar bisa langsung mengakses situs resmi melalui https://www.menpan.go.id atau http://bkn.go.id, http://sscn.bkn.go.id dan www.padanglawaskab.go.id.

Dan bagi pelamar bisa langsung mendaftar secara online terhitung sejak 11-25 November. Pengumuman hasil seleksi administrasi pada Desember ini.

Sedang untuk pelaksanaan seleksi Februari, Maret hingga April. Yakni masa sanggah dan pengumuman jadwal SKD Januari. Diperkirakan seleksi kompetensi dasar (SKD) pada Februari mendatang, dilanjutkan pengumuman hasil SKD dan jadwal SKB pada Maret. Lalu integrasi nilai SKD dan SKB pada April 2020.

Berikut Rincian Formasi di Kementerian untuk Lulusan SMA/SMK

Bagi para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 lulusan SMA atau sederajat jangan khawatir. Pasalnya, beberapa kementerian membuka pendaftaran CPNS 2019 untuk para lulusan SMA/SMK sederajat.
Bahkan, salah satu kementerian ada yang membuka formasi CPNS 2019 hingga berjumlah ribuan. Lantas, kementerian apa aja yang membuka pendaftaran CPNS 2019 untuk para lulusan SMA/SMK sederajat?

Kementerian Hukum dan HAM

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menjadi salah satu kementerian yang membuka formasi di CPNS 2019 untuk jenjang SMA sederajat. Hal itu sesuai dengan pengumuman yang sebelumnya telah dikeluarkan melalui situs resmi Kemenkumham pada Jumat (1/11/2019).

Total terdapat 3.532 formasi yang disediakan untuk lulusan SMA sederajat atau lulusan SMA/SMK/MA. Adapun alokasi formasi 2.875 untuk lulusan SMA sederajat dengan jabatan Penjaga Tahanan, yang disediakan untuk 101 putra/putri Papua dan Papua Barat dan 2.774 untuk formasi umum.

Selain itu, Kemenkumham juga menyediakan sebanyak 2.774 formasi umum yang terdiri dari 2.497 pria dan 277 wanita. Adapun 2.875 formasi itu tersebar di 33 kantor wilayah. Selain itu, lulusan SMA juga dapat mendaftar pada jabatan Pemeriksa Keimigrasian Pelaksana/Pemula yang disediakan Kemenkumham sebanyak 657 formasi. Dari 657 formasi tersebut, terbagi atas 9 formasi khusus Papua dan Papua Barat dan 588 formasi umum. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada situs https://cpns.kemenkumham.go.id.

Kejaksaan Agung Republik Indonesia

Kejaksaan Agung membuka total 2.000 formasi seleksi CPNS 2019 untuk lulusan SMA sederajat. Hal itu sesuai dengan pengumuman nomor PENG – 01 /C/Cp.2/11/2019 tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kejaksaan Republik Indonesia Tahun Anggaran 2019.

Adapun dari total jumlah formasi tersebut, terbagi menjadi dua jabatan, yakni sebagai pengawal tahanan atau pengawal narapidana dan pengemudi tahanan. Pengawal tahanan atau pengawal narapidana sebanyak 1.000 formasi sedangkan pengemudi tahanan juga sama, 1.000 formasi.

Untuk pengawal tahanan atau pengawal narapidana, dibutuhkan formasi putra-putri Papua sebanyak 2 orang dari 1.000 formasi. Sementara sisanya sekitar 988 orang, dialokasikan untuk umum. Sama seperti pengawal tahanan atau pengawal narapidana, kuota pengemudi tahanan juga dibagi dalam 2 jenis formasi, yakni putra-putri Papua sebanyak 2 orang dari 1.000 formasi dan 988 orang dialokasikan untuk umum. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada situs https://rekrutmen.kejaksaan.go.id.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Kementerian ini juga memberikan jatah bagi para lulusan SMK. Hal tersebut sesuai dengan pengumuman yang dikeluarkan oleh KLHK Nomor: PG.1/SETJEN/ROPEG/Peg.O/11/2019. Total terdapat 80 formasi yang dibuka KLHK melalui jalur SMK. Dari 80 formasi tersebut, hanya diperuntukkan pada jabatan Pelaksana Pemula/Pemula Polisi Kehutanan.

Informasi selengkapnya dapat dilihat pada situs https://ropeg.menlhk.go.id.

Kementerian Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan)

Kementan juga resmi merilis pengumuman CPNS 2019 Kementerian Pertanian (Kementan) resmi merilis pengumuman CPNS 2019 (http://cpns.pertanian.go.id/).

Berikutnya yang juga membuka seleksi CPNS 2019 jalur SMK ialah Kementerian Pertanian. Kementerian Pertanian total membuka 45 formasi di lingkungannya.

Hal itu sesuai dengan pengumuman Nomor: 4456/KP.110 /A/09/2019 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pertanian Republik Indonesia Tahun Anggaran 2019.

Pembagian jabatannya antara lain Pelaksana Pemula/Pemula-Paramedik Karantina Hewan, 26 kursi, Pelaksana Pemula/Pemula-Paramedik Veteriner, 9 kursi, Pelaksana Pemula/Pemula-Pengawas Benih Tanaman, 2 kursi, Pelaksana Pemula/Pemula-Pengawas Mutu Pakan, 5 kursi, Pemelihara Kebun, 2 kursi, dan Pelaksana Pemula/Pemula-Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan, 1 kursi. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada situs https://cpns.pertanian.go.id.

Lalu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga turut membuka seleksi CPNS 2019 untuk jalur SMA/SMK. Hal itu sesuai dengan pengumuman yang dikeluarkan Kemendikbud No: 126533/A.A3/KP/209 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019.

Total terdapat 11 formasi yang terbagi atas tiga jabatan. Yakni Pengadministrasi Keuangan sebanyak 3 formasi, Teknisi Laboratorium, 2 formasi, dan Teknisi Pemetaan dan Penggambaran, 6 formasi.

Informasi selengkapnya dapat dilihat pada situs https://cpns.kemdikbud.go.id. (tan/int)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close