Berita

Ini Caleg Petahana yang Gagal Melenggang ke DPRD Psp

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Sebanyak 26 orang dari 30 anggota DPRD Kota Padangsidimpuan (Psp) yang kembali mencalonkan diri untuk periode 2019-2024, diprediksi gagal duduk kembali.

Diyakini, hanya 13 orang yang bertahan. Dan, dari 30 kursi, sebanyak 17 kursi akan diduduki wajah-wajah baru.

Pengamat politik di wilayah Kota Padangsidimpuan Mohot Lubis mengatakan, berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara pemilu legislatif Tahun 2019 yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangsidimpuan pada Selasa (7/5) menunjukkan, dari tiga dapil yang ada, dari Dapil 3 Kecamatan Padangsidimpuan Selatan diprediksi sebagai penyumbang caleg petahana yang paling banyak tumbang.

“Untuk di Dapil 3 Padangsidimpuan Selatan ada 6 orang. Keenam caleg petahana yang gagal bertahan yakni Hasanuddin Sipahutar dari PPP, Ahmad Marzuki Lubis dari Golkar, Khoiruddin Nasution dari Partai Demokrat, Timbul Parsaulian Simanungkalit dari NasDem serta Edy Jurianto Harahap dan Ahmad Faisal Siregar dari Partai Hanura,” jelas Mohot yang juga mantan komisioner KPU Kota Padangsidimpuan ini, Minggu (12/5).

Kemudian, ujar Mohot, dari Dapil 1 Padangsidimpuan Utara dan Padangsidimpuan Hutaimbaru tercatat 4 caleg petahana yang kalah bersaing dengan caleg pendatang baru yakni Erwin Muda Sinaga dari Partai Gerindra, Rika Hannum Nasution dari Partai Demokrat dan Indar Sakti Tanjung dari PBB.

Lalu dari Dapil 2 yang meliputi Padangsidimpuan Tenggara, Padangsidimpuan Batunadua dan Padangsidimpuan Angkola Julu tiga caleg petahana yang tumbang yakni Zul Achir Sy Harahap dari PKB, Adek Rangkuti dari PDIP, M Imron Dalimunthe dari Partai Gerindra.

“Banyaknya caleg petahana DPRD Kota Padangsidimpuan yang tumbang tersebut, secara otomatis membuat wajah DPRD Periode 2019-2024 nanti, akan didominasi wajah-wajah baru. Yaitu sebanyak 17 orang dari 30 kursi DPRD yang diperebutkan dalam pemilu serentak tahun 2019 ini,” tukas Mohot dan menyebut untuk hasil yang lebih final lagi masih menunggu tahapan penetapan oleh pihak KPU. (yza)

Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close