Berita

Ini Alasan Fraksi PDIP Tak Ikut Tandatangan Hak Angket

SIANTAR, FaseBerita.ID – Anggota DPRD Siantar yang tidak ikut menandatangani hak angket akhirnya angkat bicara. Salahsatunya, Arif, anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan. Arif sendiri mengaku tidak ingin terlibat karena alasan kekeluargaan.

Sementara Astronout Nainggolan, juga dari Fraksi PDI Perjuangan saat dikonfirmasi, Kamis (23/1) mengaku sedang berada di luar kota. Namun, ia mengaku, secara pribadi turut mendukung hak angket tersebut. Setelah pulang dari luar kota, ia memastikan akan ikut menandatangani hak angket tersebut.

“Ia pasti saya mendukung. Karena pengusul pertamanya itu adalah saya. Waktu itu masih mengusulkan untuk hak interpelasi pada waktu pembahasan anggaran tahun lalu. Pada saat saya usulkan itu, salah satu dari ketua kita mengatakan ‘jangan dulu diusulkan’,” ujarnya sembari menegaskan kalau dialah yang pertama kali mengusulkan hak angket tersebut.

Namun, saat diperjelas bahwa kemarin sudah terlaksana paripurna pembahasan hak angket, dia mengaku tidak bisa berbuat banyak karena dia masih berada di luar kota. Makanya dia tidak ikut membubuhkan tandatangan.

“Itukan belum selesai. Rapat-rapat berikutnya kan saya bisa ikut. Di situ nanti saya tanda tangan. Walaupun saya tidak di tempat, masalah yang kita gulirkan itu saya juga ikut membahasnya dari sini,” ujarnya.

Namun saat disinggung tentang isu atas kepesertaannya maju di Pilkada Siantar dan bakal bersanding dengan Walikota Siantar Hefriansyah, makanya tidak ikut menandatangani hak angket tersebut, dengan tegas Astronout membantahnya.

“Tidak ada hubungannya dengan itu. Saya sekarang Anggota DPRD. Tugas yang saya lakukan adalah tugas DPRD. Jadi tidak ada hubungannya kesitu. Saya tegaskan, saya mau maju bukan karena itu,” sebutnya.

Astronout mengaku tidak ingin bicara banyak tentang pencalonan dirinya.

“Menjadi calon Walikota Siantar adalah pengorbanan besar bagi saya dan keluarga. Kami berserah kepada kehendak Tuhan dan keinginan rakyat Siantar. Selaku kader dan petugas PDI Perjuangan, saya harus siap melaksanakan apapun keputusan partai. Mengabdi dan bekerja untuk kesejahteraan rakyat khusus masyarakat Siantar,” ujarnya.

Astronout menambahkan, dia terdorong untuk maju karena dulu dia menilai kota Pematangsiantar ini dari luar. Sekarang dia dari dalam masalah Siantar itu.

“Seandainya ada calon lain yang memenuhi ekspektasi saya untuk membangun kota Siantar ini dan mampu menyelesaikan permasalahannya saya akan mundur,” ujarnya.

“Kita tunggu keputusan DPP PDI Perjuangan. Selaku anggota DPRD saya tetap menyetujui keputusan menggunakan hak angket. Karena itu sudah keputusan fraksi PDI Perjuangan DPRD Siantar,” ujarnya.

Sementara Suandi Apohman, selaku Ketua Fraksi PDI Perjuangan, ketidakikutan dirinya menandatangani hak angket adalah karena dirinya berada di luar kota.

“Seperti Astrounot sedang berada di Papua. Imanuel di Penang. Kecuali Arif, dia kan iparnya Walikota,” ujarnya. (Mag 04)

Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close