Berita

Ingin Fokus Pilkada, Bupati Asahan Ajukan Cuti ke Gubernur

FaseBerita.ID – Bupati Asahan H Surya telah mengajukan cuti kepada Gubernur Sumatera Utara agar bisa fokus melakukan rangkaian tahapan dan sosialisasi terkait keikutsertaannya.

Surya hampir dipastikan maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Asahan tahun 2020 bersama Taufik Zainal Abidin Siregar yang sebelumnya telah purna bakti dari ASN.

Kabar cutinya Surya diterangkan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Asahan, Rahmat Hidayat Siregar. Dengan demikian, Surya akan meninggalkan sementara jabatan dan aktivitasnya sebagai Bupati Asahan dan sebagai penggantinya akan datang pejabat (PJ) Bupati yang dihunjuk Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menggantikan sementara posisi Surya.

“Usuan cuti Bupati sudah diajukan ke Medan ditujukan ke Gubernur Sumatera Utara sekarang sudah diproses. Masa cuti selama 71 hari sampai selesai masa kampanye,” kata Hidayat, Selasa (8/9).

Dijelaskannya, adapun lamanya cuti yang akan dijalani Surya selama mengikuti pilkada serentak yaitu selama 71 hari, hingga masa kampanye selesai. Diketahui penetapan paslon sesuai jadwal KPU akan berlangsung pada 23 September 2020. Sementara masa kampanye pada Pilkada kali ini akan berlangsung mulai 26 September 2020 hingga 5 Desember 2020.

“Mengajukan cuti selama 71 hari, terhitung mulai tanggal 26 September nanti,” ujarnya.
Ditambahkan Hidayat, nantinya ketika cuti selesai, maka pada tanggal 6 Desember 2020 mendatang, Surya akan kembali bertugas sebagai hingga periode 2016-2021 berakhir.

Sebelumnya, Pilkada Asahan sudah hampir dipastikan diikuti tiga orang pasangan calon yang kemarin telah melakukan pendaftaran ke kantor KPU Asahan. Selain diikuti paslon Surya -Taufik juga mendaftar wakil ketua DPRD Asahan yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Rosmanysah yang berpasangan dengan Winda Fitrika, istri almarhum Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang.

Kemudian pasangan Nurhajizah Marpaung, mantan wakil gubernur Sumatera Utara yang berpasangan dengan Henri Siregar, politisi dari Partai Keadilan Sejahtera.(per/esa)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button