Berita

Ingat! Proyek Fisik Harus Selesai Akhir Tahun

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Wakil Ketua DPRD Sibolga Jamil zeb Tumori Menegaskan bahwa proyek-proyek fisik yang ada di Kota Sibolga harus selesai pada akhir tahun. Jika tidak selesai, rekanan pada proyek tersebut harus putus kontrak.

Penegasan itu disampaikan Jamil Zeb Tumori dalam Reses, Sabtu (14/12) di Kedai Kopi Mamak, Jalan Horas Sibolga. Menurut dia, untuk proyek fisik yang ada di Sibolga dikhawatirkan masih banyak yang tidak bisa diselesaikan pekerjaannya oleh rekanan pada penghujung tahun anggaran ini.

“Seperti pekerjaan rigid beton yang ada di Jalan Elang, Toto Harahap, begitu juga dengan proyek fisik lainnya seperti di pasar, dan bangunan lainnya tidak bisa tuntas. Pada Tanggal 27 atau 28 Desember 2019 ini, jika belum tuntas, Kami minta nanti pihak Dinas PU untuk menyetop, sampai di mana dia mengerjakan pekerjaannya sampai di situlah pembayarannya diberikan,” jelas Jamil.

Dirinya berharap agar jangan ada lagi nantinya tanggal mundur, atau apa ada dan lain sebagainya. “Kalau sudah berakhir tanggal kontrak, putus ! Rekanan dan pihak Dinas PU harus komit, kalau sudah tanggal 28 desember 2019 tak ada perpanjangan lagi.”

“Saya tidak setuju jika rekanan yang belum selesai mengerjakan pekerjaannya di akhir tahun kontrak diberi perpanjangan, bahkan dendapun tidak usah, bahkan biaya pemeliharaan sebesar 5 persen itu, saya tidak setuju itu ada terutama untuk tahun berikutnya, yang berarti kita terbebani terhadap proyek tersebut sebesar 105 persen. Kecuali jika proyek tersebut dikerjakan hanya 95 persen saja, 5 persen untuk pemeliharaan barulah itu 100 persen,” tegasnya.

Menurut dia, dengan adanya keterlambatan penyelesaian pekerjaan dari rekanan, selain kelalaian pihak rekanan, ini jelas juga kekurangan dari pihak birokrasi, mulai tender, pengeluaran SPK hingga pengawasan yang tidak bisa cepat dan baik. “Jadi untuk kedepan hendaknya mulai tender hingga proses mulai pekerjaan sudah harus bisa dilaksanakan secepatnya, sehingga tidak menjadi kendala di akhir tahun,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Sibolga M Yusuf Batubara yang dikonfirmasi New Tapanuli, Sabtu (14/12) lalu, tidak menampik tentang kekhawatiran adanya beberapa rekanan yang tidak bisa menyelesaikan pekerjaan fisik tepat waktu di akhir tahun buku.

“Oleh karena itu, kita meminta kepada rekanan yang mengerjakan proyek fisik agar benar-benar serius dan sungguh-sungguh bekerja untuk memanfaatkan sisa waktu untuk mengerjakan pekerjaannya,” jelas M Yusuf.

Dirinya berharap agar rekanan dapat meningkatkan pengadaan material pekerjaanya dan bila perlu, untuk mencapai sasaran penyelesaian pekerjaan dapat menambah tenaga kerja untuk memacu penyelesaian pekerjaan agar selesai tepat waktu. (mis)

Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close