Berita

Informasi Cuaca Harap Dipahami: BMKG Tapteng Gelar Sekolah Lapang Nelayan

TAPTENG, FaseBerita.ID – Dalam upaya informasi cuaca yang dikeluarkan BMKG dapat dipahami, BMKG Stasiun Meteorologi FL Tobing Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) gelar Sekolah Lapang Nelayan (SLN).

Kegiatan SLN yang diikuti sebanyak 25 orang nelayan di Tapteng yang diberikan pendidikan pemahaman cuaca langsung oleh BMKG Pusat itu berlangsung di Aula Pia Hotel Pandan, Selasa (30/4) lalu.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri yang hadir sebagai pemateri disela-sela kegiatan mengatakan, lewat sekolah singkat tersebut para nelayan dapat semakin mengetahui penjabaran cuaca yang disampaikan setiap hari oleh BMKG.

“Harapannya dari kegiatan ini para nelayan atau kelompok nelayan dan juga penyuluh, paham dan mampu mengartikan informasi cuaca dari BMKG,” ujar Fachri didampingi Kepala BMKG Stasiun Meteorologi FL Tobing Tapteng Ahmad Ubaedillah kepada wartawan.

Ia juga menuturkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan oleh BMKG.

“Ini merupakan program BMKG yang kita lakukan setiap tahun sejak tahun 2016. Di acara ini kami mensosialisasikan atau menginformasikan cuaca yang memang dirancang khusus untuk aktifitas nelayan,” katanya.

Di samping itu, lanjut Fachri, nelayan yang menjalani pendidikan itu diharapkan kelak menjadi perpanjangan tangan BMKG kepada nelayan-nelayan yang belum mendapat akses informasi cuaca, sebagai upaya mencegah jatuhnya korban jiwa saat nelayan beraktivitas di laut.

“Ya kita harapkan, kawan-kawan yang sudah mengikuti kegiatan ini, nantinya bisa memberikan pemahaman bagi kawan-kawan nelayan yang lainnya,” ucapnya.

Selain itu, Fachri juga berharap dukungan penuh dari instansi terkait di daerah dalam menjalankan sistem penyampaian informasi cuaca agar dapat terdistribusi dengan baik kepada masyarakat khusunya nelayan. (dh/osi)

iklan usi



Back to top button