Berita

Indahnya Toleransi Perkuburan Nasrani Dibersihkan Bersama Masyarakat Muslim

TAPTENG, FaseBerita.ID – Meningkatkan toleransi antar ummat beragama serta mewujudkan rasa kebersamaan, Forkopimka Kecamatan Sibabangun, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng),bersama dengan masyarakat melaksanakan kegiatan gotong royong pembersihan areal pekuburan nasrani yang terletak di Lingkungan III Kelurahan Sibabangun.

Gotong royong pembersihan pekuburan yang digelar, Jumat (11/10/2019) di samping diikuti masyarakat yang beragama nasrani, ratusan umat muslim juga ikut berpartisipasi membersihkan dan menata tanah pekuburan yang memiliki luas sekitar 1 hektare itu.

Disela-sela kegiatan, Camat Sibabangun Maslina didampingi Kapolsek Sibabangun Iptu Horas Gurning menyebutkan, gotong royong yang dilakukan bersama masyarakat nasrani dan muslim, serta pihak terkait lainnya, selain untuk meningkatkan rasa kebersamaan juga ditujukan untuk membangun budaya gotong-royong yang merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia.

“Dengan gotong-royong ini dapat meningkatkan rasa peduli, simpati dan saling tolong-menolong antar sesama masyarakat, tanpa membeda-bedakan suku, ras, agama dan golongan,” sebut Maslina.

“Melalui pembersihan dan penataan areal pemakaman, wanita berhijab ini juga meyakini para peziarah yang menyambangi makam akan merasa nyaman,” timpal Maslina.

Lebih dari itu sambung Maslina, warga nasrani dan muslim yang bersama-sama membawa peralatan untuk membersihkan rumput dan menata tanah agar areal pemakaman tampak bersih, merupakan aktualisasi dari toleransi antar umat beragama yang selama ini telah tertata dengan baik di Kecamatan Sibabangun.

“Rasa toleransi akan menumbuhkan rasa menghormati satu sama lain. Bentuk toleransi ini kita aktualisasikan dengan bergotong royong yang merupakan cermin kepribadian bangsa Indonesia,” pungkasnya. (ztm/osi) 



Pascasarjana

Unefa
Back to top button