Berita

IMM Asahan Gelar Shalat Ghaib Usut Tuntas Mahasiswa Tewas di Kendari

FaseBerita.ID – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Asahan menyesalkan dan menyampaikan duka mendalam atas tewasnya seorang mahasiswa Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, Immawan Randy.

Korban, Randy tewas dengan luka tembak di bagian dada setelah ikut demonstrasi mahasiswa yang ricuh, Kamis (26/9/2019). Menanggapi hal itu, Pimpinan Cabang IMM Asahan menggelar aksi solidaritas di Tugu Juang Kisaran, untuk mengenang rekan mereka yang tewas saat melakukan aksi di Kendari. Para mahasiswa IMM Asahan juga menggelar salat gaib di tengah-tengah aksinya.

“Kami menyesalkan dan menyampaikan duka mendalam atas tewasnyanya Randy. IMM menilai hal ini sebagai bentuk kesalahan prosedur pihak kepolisian di dalam menangani demonstrasi mahasiswa di Kendari, Sulawesi Tenggara,” ujar Zahir Ghufron Siregar saat menggelar aksi damai di Kisaran, Jumat (27/9/2019).

PC IMM Asahan Zahir meminta pihak kepolisian untuk segera membentuk tim pencari fakta yang terdiri dari pihak kepolisian, Komnas HAM, dan pemerintah. Harapannya akan ada tim yang dibentuk untuk mengusut dugaan pelanggaran prosedur penanganan demonstrasi oleh Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara dan Polrestabes Kota Kendari.

“Kami mendorong agar pelaku penembakan segera ditangkap dan meminta pertanggungjawaban atas insiden ini. Siapa pun yang bersalah segera diadili melalui proses hukum yang terbuka,” ujar Zahir lagi.

Zahir juga mengatakan, pihaknya juga meminta Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk memerintahkan aparatnya agar tetap mengendepankan code of conduct dalam penanganan demonstrasi sipil yang marak belakangan ini. (per/rah)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close