Berita

Humbahas Masih Aman dari Corona

Perilaku Hidup Sehat dan Rajin Cuci Tangan, Pencegahan Efektif

FaseBerita.ID – Terkait virus corona (covid 19) yang telah sampai di Indonesia disikapi biasa oleh warga Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Meskipun ada rilis yang menyatakan dua warga Depok positif terpapar virus tersebut beberapa hari lalu, tidak lantas menimbulkan pengaruh signifikan terhadap kehidupan warga.

Apalagi sampai menimbulkan kepanikan hingga berbondong-bondong membeli bahan pangan, masker atau sanitizer seperti yang terjadi di sejumlah daerah.

Hal ini disebutkan Kadis Kesehatan Humbahas, melalui Kabid P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) dr Harland Sihombing kepada wartawan, Rabu (4/3).

Harlan mengatakan, sejauh ini tidak ada warga Humbahas yang terindikasi suspect positif terpapar virus mematikan tersebut. Akan tetapi, pihaknya tetap melakukan pencegahan dengan sosialisasi kepada masyarakat melalui puskesmas untuk sedini mungkin mencegah paparan virus tadi.

Dalam sosialisasi yang dilakukan mencegah covid 19 yang efektif, salah satunya adalah masyarakat diimbau untuk berperilaku sehat rajin cuci tangan. “Artinya, sadar kesehatan dan menjaga perilaku sehat. Makan makanan bergizi harus ditingkatkan untuk meningkatkan immunitas (kekebalan) tubuh,” ujar Harland.

Sementara, untuk upaya deteksi, Harlan mengimbau kepada masyarakat yang mengalami gejala yang sama dengan terpapar virus corona, seperti demam, batuk, panas atau sesak nafas supaya segera memeriksakan diri atau berobat ke Puskesmas.

“Jika ada warga yang sakit, misalnya demam, batuk atau sesak nafas silahkan berobat ke puskesmas seperti biasa. Nanti, puskesmas lah yang  akan menentukan apakah dirujuk ke RSUD Dolok Sanggul. Setelah di RSUD Dolok Sanggul, jika patut diduga penyakitnya mengarah ke corona maka RSUD Dolok Sanggul akan merujuk pasien ke Rumah Sakit Tarutung. Karena RS Tarutung yang menjadi pusat rujukan untuk kita,” terang Harlan.

Teknik tersebut, menurut Harland merupakan salah satu upaya untuk menghindari kepanikan. Oleh karena itu, Harlan mengajak warga untuk selalu menjaga perilaku hidup sehat.

“Jika warga mengalami sakit seperti diterangkan di atas, supaya berobat seperti biasa. Dan terkait informasi kesehatan, selain bertanya ke puskesmas, warga juga dapat bertanya ke dinas kesehatan,” pungkasnya. (sht/sr)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker