Berita

Hulman Sitorus Berikan KIA Pada Anak Pelajar Secara Simbolis

TOBASA, FaseBerita.ID – Wakil Bupati Toba Samosir (Tobasa) Hulman Sitorus menekankan pentingnya dokumen kependudukan bagi seluruh warga. Apalagi bagi anak-anak yang merupakan aset bangsa yang dilindungi negara.

“Sejak dia lahir harus dipelihara dengan baik dan hak-haknya harus dipenuhi antara lain pendidikan, kesempatan bermain, kehidupan yang layak dan  mendapatkan nama, identitas atau akta yang sah dari negara sehingga kelahirannya di negeri ini sah menurut konsepsi negara kita,” sebut Wabup Hulman dalam sambutannya saat membuka Rapat Kerja Peningkatan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran bagi anak usia 0-18 tahun, di Kabupaten Tobasa yang digelar  di Aula SMK Negeri 1 Balige, Jumat (15/11/2019).

Menurut Wabup Hulman, anak-anak ini sudah memiliki cita-cita yang jelas meski usia masih 9-10 tahun, walaupun nantinya masih bisa bergeser karena pengaruh lingkungan. Ini sudah ada tanda-tanda lingkungan positif.

“Menariknya tadi, kantongnya berisi sampah plastik. Berarti ortu dan guru sudh bekerja baik mendidik anak-anak ini demi pengurangan sampah apalagi yang berbahan plastik. Inilah adalah contoh yang baik dan benar,” katanya, yang sebelumnya telah melihat langsung dan berdialog dengan pelajar SD tersebut.

Selanjutnya, Wabup Hulman kembali menjelaskan pentingnya Akte Kelahiran bagi semua warga. Apalagi untuk melindungi anak-anak dari berbagai eksploitasi  atau tindakan yang tidak diharapkan yang mengabaikan hak anak.
Sampai saat ini, Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Tobasa berjumlah 9000 dari target 10.000. Tahun depan ditarget 15.000 dari jumlah anak-anak 39.000.

Target nasional seharusnya Akta Kelahiran 85 %, namun  capaian masih  80 %. Sementara di Tobasa masih mencapai 74,6%, belum mencapai target.

“Dibutuhkan kerja keras kita semua  tidak saja hanyab Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” terang wabup menyemangati.

Ada beberapa desa yang melebih target nasional dalam capaian Akte Kelahiran  di antaranya Desa Tarabunga Kecamatan Tampahan 93,8 %, Aek bolon Julu, Balige  93,8 % , Silalahi Pagarbatu, Balige 91,67 %, dan Pararungan Habinsaran 91,86 %.

Sebelumnya, Hulman memberikan secara simbolis 30 Kartu Identitas Anak kepada perwakilan anak-pelajar  SD di Kabupaten Tobasa  yang diwakili SD Negeri 173525  Sangkarnihuta dan SD Swasta HKBP 1 Balige.

Pada bagian lain sambutan Wabup Hulman, di hadapan para camat, kepala desa, lurah  dan perangkatnya, juga memaparkan motivasi menuju kemajuan di era teknologi informasi ini dengan menitikberatkan pentingnya data dan kemauan untuk berubah, bekerja keras  dan percaya diri .

Selesai istirahat, sesuai dengan informasi dari panitia Hendra Butarbutar acara dilanjutkan dengan pemaparan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tobasa Bonar Butarbutar sebagai narasumber tentang pelaksanaan KIA, Akte Kelahiran dan dokumen kependudukan lainnya. (os/ahu)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close