Berita

Hujan, Sangkunur Langganan Banjir

TAPSEL, FaseBerita.ID – Beberapa pemukiman warga di wilayah Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapsel masih rentan sebagai langganan banjir, saat musim hujan. Banjir yang melanda, sudah menjadi langganan terutama disaat hujan. Namun, upaya normalisasi Sungai Batangtoru, belum ada titik terang. Walau hal itu diyakini satu satunya cara terbaik untuk mengatasi banjir yang kerab melanda.

“Setiap musim hujan tiba, beberapa titik pemukiman warga yang ada di Angkola Sangkunur, tak bisa menghindar dari banjir,” ungkap M Zein H Ritonga, tokoh masyarakat Tapsel yang juga pensiunan Camat Angkola Sangkunur.

Sehingga sambung M Zein, setiap hujan tiba, warga akan terancam banjir. Dan kondisi itu telah berlangsung sejak lama. Namun, hingga saat ini masih terus berlangsung.

“Bahkan, hujan di hulu juga bisa mengakibatkan banjir di sini,” ungkap M Zein H Ritonga, seraya menginformasikan pada Minggu (3/3) lalu, beberapa pemukiman warga kembali diterjang banjir diwilayah itu akibat hujan deras.

Baca: Banjir dan Longsor Terjang Angkola Sangkunur

Beberapa warga Angkola Sangkunur juga mengakui hal itu. Menurut Jalaluddin Nasution (55) salah seorang warga Kelurahan Rianiate mengutarakan, pada musim hujan memang banyak pemukiman warga yang terendam banjir. Terutama yang berada di pinggiran sungai Batangtoru.

Bahkan, permukaan air Danau Siais juga sering menerima dampak banjir saat musim penghujan tiba. Dimana, air danau akan naik dari 2 hingga 3 meter. Dan kenaikan permukaan air danau sangat dipengaruhi oleh terjadinya luapan air di Sungai Batangtoru. Dan, kondisi ini, selain menganggu kenyamanan warga karena tempat tinggalnya tergenang, juga mempengaruhi perekonomian masyarakat khususnya bagi nelayan. (ran)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button