Berita

Hujan Deras, Jembatan Jalur Siantar–Tanah Jawa Rusak Parah

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Hujan deras yang mengguyur wilayah Pematangsiantar-Simalungun, Senin (21/10/2019) malam mengakibatkan kerusakan jembatan jalur Pematangsiantar-Tanah Jawa semakin parah.

Sebelumnya, jembatan sementara yang merupakan jalur utama Pematangsiantar-Tanah Jawa ini rubuh beberapa hari lalu akibat pondasi tanahnya longsor.

Robert Panjaitan, salah seorang warga di lokasi kejadian, Selasa (22/10/2019) mengatakan, masyarakat masih menunggu perbaikan jembatan.

“Awalnya beberapa bulan lalu jembatan putus total. Lalu, dibuat jembatan sementara oleh pihak Dinas PU Provinsi Sumatera Utara. Tapi kemudian, jembatan sementara ini pun rubuh,” tukasnya.

Senin (21/10/2019), lanjutnya, sedikitnya ada empat batang pohon kelapa sawit yang tumbang akibat hujan deras dan angin kencang. Longsor di sekitar jembatan pun semakin meluas dan parah.

Robert beranggapan, longsor disebabkan kondisi lahan yang sudah mulai tandus dan tidak ditumbuhi pepohonan. Sehingga terjadi erosi.

Terpisah, B Samosir salah seorang supir angkutan umum Pematangsiantar-Tanah Jawa mengaku kesulitan melintas. Akibatnya, penghasilannya jauh berkurang.

“Kami harus memutar dan mengambil jalur alternatif yang jaraknya jauh dan kondisinya juga rusak parah. Kita berharap pemerintah dapat segera memerbaiki jembatan tersebut,” pintanya. (mag-03)



Unefa

Pascasarjana
Back to top button