Berita

Hujan Deras di Panangkalan Rumah Tertimpa Longsor

TAPTENG, FaseBerita.ID – Hujan deras yang terjadi Senin (14/10/2019) sore, mengakibatkan Bukit di Panangkalan, Desa Tapian Nauli I, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) longsor. Peristiwa terjadi sekira pukul 17.00 WIB. Banyaknya material tanah dan batu serta pepohonan menutup Badan Jalan yang menghubungkan anatara Sibolga-Barus.

Akibat longsor tersebut, arus Lalu Lintas Sibolga-Barus di daerah itu sempat macet total, puluhan kendaraan dari dua arah lokasi longsor itu terpaksa menepi dan berhenti tidak jauh dari lokasi longsor.

“Waktu hujan lebat tadi terjadi longsor. Kalau kendaraan ini tak bisa lewat, macet total, ini jalan lintas Sibolga-Barus,” ucap Camat Tapian Nauli, Rinaldy Siregar.

Rinaldy menjelaskan, ada sebanyak 4 titik longsor yang terjadi di kawasan yang berdekatan, akibatnya 8 unit rumah warga rusak terdampak longsor.

“Ada 8 unit rumah warga sudah kena, tapi korban jiwa tidak ada. Ada juga rumah yang sampai tertimpa longsoran,” katanya.

Pihaknya juga telah menurunkan satu unit alat berat dan telah menghubungi pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapteng, untuk mengatasi agar jalan tersebut dapat dilalui.

Rinaldy mengimbau, bagi warga yang melintas maupun warga sekitar, agar tidak mendekati titik longsor.

“Warga jangan ada yangendekati titik longsor, karenakita tadi sudah dengar suara gesekan dari atas, dikhawatirkan nanti akan longsor susulan lagi,” katanya.

Sementara itu Rahmat, salah seorang warga yang terkena dampak longsor menjelaskan, sebelum terjadinya longsoran tersebut, sempat ditandai dengan air deras yang turun dari bukit mengenai rumahnya. “Tadi sebelum longsor, air dari atas bukit masuk ke rumah, pas air deras itu turun ke rumah, di situlah longsor, ambruklah, tak ada yang bisa diselamatkan, hanya baju sajalah,” tuturnya.

Pantauan media ini, setelah pihak BPBD Tapteng dan dibantu instansi lainnya membersihkan material yang menutupi badan jalan, tidak lama arus Lalu lintas normal kembali. (mag-01)

Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close