Berita

Hore!! 2020 Gaji Pangulu dan Perangkat Desa di Simalungun Naik

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Bupati Simalungun, JR Saragih menyampaikan mulai tahun 2020, gaji Pangulu dan Perangkat Desa meliputi Sekretaris Desa, Kaur dan Gamot se-Simalungun akan naik.

Pernyataan itu disampaikan saat menggelar Rapat Kerja Pemkab Simalungun menuju tahun anggaran 2020, Rabu (20/11/2019) di Simalungun City Hotel, Pamatang Raya, sekira Pukul 15.00 WIB.

“Mulai tahun 2020, gaji Pangulu saya naikkan dari Rp 4,5 Juta menjadi Rp 5,5 juta. Sekdes dari Rp 2 Juta menjadi Rp 2.250.000. Kaur dari Rp 1,5 juta menjadi Rp 2.050.000. Gamot dari Rp 1,1 juta menjadi Rp 2.050.000,” sebutnya.

Lanjut Bupati Simalungun, gaji tersebut berasal dari Alokasi Dana Nagori (ADN) yang bersumber dari APBD Simalungun.

“Kebijakan ini disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 11 Tahun 2019 Pasal 81 tentang penghasilan Kepala Desa beserta Perangkat Desa,” terangnya.

Dengan dinaikkannya gaji tersebut, Bupati Simalungun berharap setiap Nagori, Bumdes sudah harus dibentuk tahun 2020 dan para Pangulu dapat memeningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Penghasilan sudah naik, maka Kerja keras semakin meningkat dan tanggungjawab semakin meningkat, pelayanan kepada masyarakat harus ditingkatkan.Perhatikan masyarakat yang kurang mampu,”harapnya.

Kepala BPMPN Simalungun, Sarimuda Purba menyampaikan, perencanaan kegiatan harus melalui musyawarah Perangkat desa dengan tokoh masyarakat.

Dijelaskan Sarimuda Purba, pengelolaan keuangan Nagori harus mulai perencanaan, Pelaksanaan, Penatausahaan, Pelaporan dan pertanggungjawaban. Tahun 2020 sebanyak Rp 400 Miliar di Simalungun, semua mata memandang kegiatan Pangulu.

“Kami harapkan agar Pangulu memotivasi Gamot dan Kaur untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan naiknya gaji, Pangulu jangan pelit-pelit, jangan sembunyi dirumah,”imbuhnya.

Sarimuda Purba menambahkan, akan melihat dampaknya kedepan, jika gaji sudah naik padahal indeks Pembangunan Manusia (IPM) semakin menurun, maka Pangulu gagal.

“Dengan adanya penghasilan dengan baik, maka IPM juga meningkat karena badan statistik akan mendata indeks Pembangunan Manusia (IPM) apakah semakin naik, kalau menurun maka Pangulu gagal,’pungkasnya.

Kapolres Simalungun, AKBP Heribertus Ompusunggu, menyarankan Pangulu agar dana desa digunakan dengan baik dan jangan dipermain-mainkan.

“Kami menyarankan agar dana desa dipergunakan dengan baik, jangan dipermain-mainkan. Jangan digunakan untuk berfoya-foya, hiduplah bersahaja,”sarannya. (mag-05)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close