Berita

HIMAPSI Beri Pengkaderan Kepada Anggota Baru

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Organisasi Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (HIMAPSI) melaksanakan masa perkenalan kepada anggota yang baru bergabung di Nagori Salbe, Kecamatan Dolok Pardamean.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu sampai Minggu 2-3 November 2019 ini diikuti sebanyak 55 peserta yang aktif sebagai mahasiswa. Ketua Panitia Harrys Naibaho menerangkan bahwa kegiatan tersebut ialah salah satu program kaderisasi yang bertujuan untuk melahirkan generasi selanjutnya.

“Kegiatan ini untuk melahirkan generasi selanjutnya di HIMAPSI khusus di Kota Pematangsiantar yang nantinya mampu menjadi calon-calon pemimpin dan serta mampu sebagai sosial kontrol. Lalu mengavokasi masyarakat, serta mempertahankan budaya dan melestarikan lingkungan,” ujarnya.

Harrys juga menambahkan, selain melaksanakan pendidikan dan pengenalan terhadap Organisasi HIMAPSI, kegiatan tersebut juga diselingi dengan penanaman bibit pohon untuk menjaga dan melestarikan lingkungan.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Umum DPP HIMAPSI Rado Damanik, didampingi Sekretaris Jenderal, Fransetia Turnip dan beserta jajaran untuk menyampaikan materi tentang organisasi HIMAPSI. Hadir juga Rektor Universitas Simalungun Dr Corry Purba Rado Damanik untuk memberikan beberapa materi ilmu kepemimpinan.

Ketua Dewan Pengurus Cabang Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun Kota Pematangsiantar, Jonli Simarmata saat diwawancarai menjelaskan bahwa kegiatan Masa Perkenalan (MasPer) adalah program tahunan dan program dibidang kaderisasi.

Saat sedang melangsungkan kegiatan, Ketua Umum HIMAPSI Rado Damanik beserta Pengurus DPC HIMAPSI Kabupaten Simalungun dan DPC HIMAPSI Kota Pematangsiantar menyempatkan melihat situasi dan kondisi sungai yang diduga menjadi tempat pembuangan limbah ternak salah satu perusahaan besar di daerah tersebut.

“Saat ini kita berada di lokasi daerah aliran sungai yang diduga menjadi tempat pembuangan limbah oleh PT AN. Aroma tak sedap sempat tercium dari lokasi kegiatan, padahal cukup jauh dari lokasi kegiatan,” ujar Ketua DPC Himapsi Kabupaten Simalungun Defri Damanik.

Ditambahkan Dedi Damanik, Wakil Ketua Bidang Seni dan Budaya HIMAPSI Pematangsiantar, yang juga turun ke lokasi mengatakan bahwa kejernihan daerah aliran sungai sudah berubah sejak adanya PT AN.

“Airnya saja sudah berubah ditambah aroma tidak sedap. Penyebab ini diduga adanya pembuangan limbah ternak oleh PT AN. Ini adalah kejahatan lingkungan, terlebih lagi program Pemerintah Pusat yang mencanangkan Danau Toba sebagai Wisata Kelas Internasional. Hal ini bertolak belakang dengan program Pemerintah Pusat. Aliran sungai ini bermuara di Danau Toba. Jika terus menerus dilakukan pembuangan limbah,” tutupnya. (mag04)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close