Berita

Hefriansyah Copot Budi Utari, Kusdianto Plh Sekda

SIANTAR, FaseBerita.ID – Walikota Pematangsiantar Hefriansyah mencopot Budi Utari Siregar dari jabatan Sekretaris Daerah (Sekda). Selanjutnya, Hefriansyah menunjuk Kusdianto sebagai Plh Sekda Pematangsiantar.

Kabag Humas dan Protokoler Pemko Pematangsiantar Hamam Sholeh, Rabu (25/9/2019) sore mengatakan setelah Budi Utari Siregar, Kusdianto yang saat ini menjabat Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata (Kadisporabudpar) diangkat sebagai Plh Sekda.

“Surat pergantian ditandatangani 24 September 2019 oleh Walikota Pematangsiantar,” kata Soleh.

Saat ditanya alasan pergantian, Soleh menyarankan wartawan menanyakan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pematangsiantar.

Soleh menambahkan, walikota memiliki kewenangan mencopot Sekda dan menunjuk Plh Sekda. Namun untuk jabatan Sekda definitif, walikota masih harus mengusulkan nama ke Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), dilanjutkan ke Kementerian Dalam Negeri.

Kusdianto membenarkan Hefriansyah sudah menyerahkan surat keputusan (SK) pengangkatan Plh Sekda kepada dirinya.

“SK-nya per tanggal 24 September. Sudah sama saya SK-nya,” katanya.

Kusdianto menuturkan, SK tersebut diterbitkan Walikota Pematangsiantar, bukan gubernur.

“Karena masih pelaksana harian, makanya SK walikota,” tukasnya.

Ditanya alasan pemberhentian Budi Utari, Kusdianto mengaku tidak mengetahuinya.

Budi Utari Siregar dilantik menjadi Sekda Pematangsiantar, 29 Maret 2018 silam. Sebelum menjadi Sekda Pematangsiantar, Budi Utari menjabat Asisten Perekonomian dan Pembangunan di Kabupaten Padang Lawas. (pra)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button