Berita

Hasil Tangkapan Melimpah, Lanal dan Nelayan Gelar Kenduri Laut

SIBOLGA, FaseBerita.ID – TNI AL di Mako Lanal Sibolga bersama masyarakat nelayan menggelar kenduri laut pinggir pantai Desa Hajoran, Kecamatan Pandan, Tapteng, Senin (18/3). Kenduri laut it sebagai ungkapan rasa syukur dan terimakasih kepada Tuhan atas limpahan hasil tangkapan nelayan setahun terakhir.

Hadir di acara itu, Danlantamal II/Padang Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, Paban IV Spotmar TNI AL Kolonel Mar Edi Prakoso, Letkol Laut (P) Betrawarman, Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Fajar Priyanto. Selain itu, hadir Kasatpol Airud Sibolga AKP M Sihombing, mewakili KSOP R Rangkuti, mewakili Disnav Kota Sibolga Yudi Ardiansyah, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Fajar Priyanto dalam sambutannya mengatakan, seseorang yang mendapat rezeki harus bersyukur dan memberikan sebahagian dari rezekinya kepada orang yang kurang mampu. “Seseorang yang dapat rezeki, harus bersyukur. Memberikan sebagian rezekinya kepada warga tidak mampu,” katanya.

Selain menggelar doa bersama, dalam kegiatan tersebut juga digelar Komunikasi Sosial (Komsos) dengan membahas beberapa topik diantaranya seputar keselamatan berlayar dan alur pelabuhan laut Sibolga. “Kalau tidak ada kesadaran dari bapak-bapak dan ibu-ibu, ini tidak akan terlaksana,” pungkasnya.

Baca: Pemko Sibolga Promosikan Produk Berbahan Ikan

Pada kesempatan itu, Fajar juga berkesempatan pamit kepada seluruh masyarakat Sibolga dan Tapteng. “Karena, Selasa (19/3) rencananya akan digelar sertijab Danlanal Sibolga yang baru,” ujarnya.

Salah seorang warga sekitar Bahar mengatakan, kenduri laut sudah menjadi agenda rutin warga nelayan sekitar, yang digelar setiap tahun. “Setiap tahun kita gelar doa bersama. Sebagai ucapan syukur nelayan atas limpahan hasil tangkapan selama ini,” kata Bahar.

Amatan wartawan, di pinggiran pantai telah berbaris puluhan speed boat dan dari puluhan speed boat tersebut akan ada 2 speed boat yang berangkat dengan membawa bunga mengelilingi pulau Bakar, dan selanjutnya bunga tersebut akan ditabur. “Dua kapal nanti akan pergi ke pulau bakar, menabur bunga disekeliling pulau. Sementara, kapal-kapal lainnya menabur bunga dekat-dekat sini aja,” ungkapnya.

Sebelumnya, acara penyantunan puluhan anak yatim juga digelar dan usai penaburan bunga acara dilanjutkan dengan makan bersama. (ts/rb)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button