Berita

Hasil RDP Tak Dihiraukan, Peternakan di Silomangi Tetap Beroperasi

SIANTAR, FaseBerita.ID – Meski hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) memutuskan agar peternakan di Silomangi ditutup paling lama 31 Desember 2019, namun hingga Rabu (29/1) peternakan tersebut masih beroperasi seperti biasa.

Padahal DPRD Siantar bersama Organisasi Sahabat Lingkungan (SaLing), Pemilik Ternak, Dinas Perizinan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Satpol PP, telah sepakat untuk menutup usaha dimaksud, lantaran tidak ada izin.

Dalam putusan RDP yang dibacakan Ketua Komisi II DPRD Hj Rini mengatakan, agar ternak babi di Silomangi ditutup karena tidak memiliki izin dan paling lambat harus ditutup 31 Desember 2019.

Mereka juga meminta kepada Pemko Siantar melalui Satpol PP agar segera menindaklanjuti penutupan ternak dimaksud.

Nyata di lapangan sampai sekarang peternakan yang meresahkan masyarakat itu masih saja beroperasi.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Siantar Ferry Sinamo, Rabu (29/1) perihal masih beroperasinya ternak tersebut mengatakan dengan tegas akan mempertanyakan langsung masalah ini ke Satpol PP.

“Sesuai hasil RDP kan itu harus ditutup. Dan hasil RDP itu juga sudah kita serahkan ke Pemko Siantar. Satpol PP selaku penegak perda kan harus melakukannya. Apalagi usaha itu tidak memiliki izin. Jadi harus dilaksanakan. Sampai sekarang tidak ada laporan ke DPRD sudah sampai di mana tindak lanjutan dari pemko,” ujarnya.

Sementara, Kepala Satpol PP Robert Samosir saat dihubungi wartawan terkait masalah itu, mengatakan, pihaknya sudah pernah ke lokasi peternakan di Silomangi dan telah menyurati kembali pihak pengusaha agar segera menutup peternakan tersebut.

“Kita sudah kesana pertengahan Januari lalu. Dan memang benar masih beroperasi. Kita juga sudah melakukan penyuratan agar segera menutupnya. Kendala yang kita hadapi sampai sekarang tidak adanya surat hasil RDP sampai ke kita. Kalau surat itu sudah ada, pasti kami akan memaksa pihak pengusaha menutupnya. Begitu pun akan kita bicarakan dulu dengan DPRD dan atasan,” pungkasnya. (Mag 04)

Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close