Berita

Hari Pertama UNBK Tingkat SMK di Tanjungbalai

TANJUNGBALAI, FaseBerita.ID – Wakil Walikota Tanjungbalai H Ismail mengimbau peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK di daerah setempat untuk konsentrasi dan tidak terburu-buru dalam menjawab soal ujian.

“Agar hasilnya maksimal, saya mengimbau anak-anak peserta UNBK tenang dan tidak terburu-buru menjawab soal. Kalian harus konsentrasi. Tapi jangan terburu-buru,” ujar Ismail ketika meninjau pelaksanaan UNBK di SMKN 2 Tanjungbalai, Senin (25/3).

Menurutnya, UNBK merupakan evaluasi hasil belajar anak didik selama tiga tahun menjalani pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan/SMK.

Evaluasi itu dibutuhkan greating, kalau nilai baik pasti punya kesempatan baik. Anak-anak harus kreatif, sedangkan nilai ditentukan oleh standar.
“Ini (UNBK) salah satu bentuk standar itu, maka harus dijalani dengan baik,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga berpesan kepada peserta UNBK berdoa agar meraih hasil yang baik.

“Tidak perlu tegang. Rileks, santai namun tetap fokus dan serius dalam menjawab setiap soal ujian,” pesannya sembari mengatakan yang perlu diwaspadai dalam hal pelaksanaan UNBK adalah sistem jaringan internet agar tidak lelet dan listrik.

Ia juga berharap agar seluruh proses UNBK di Kota Tanjungbalai berjalan lancar dan aman, dan seluruh siswa yang mengikuti UNBK tahun ini lulus.

“Kepada seluruh siswa saya minta untuk tetap belajar dengan baik, jaga kesehatan, ikuti dengan serius, konsentrasi serta tidak terburu-buru dalam menjawab seluruh proses UNBK, tapi jangan tegang,” ulangnya lagi.

KTU Cabdis Tanjungbalai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Muktar Marbun, menjelaskan, di Tanjungbalai terdapat delapan SMK yang melaksanakan UNBK dengan jumlah peserta sebanyak 820 siswa/i.

“Ujian dijadwalkan empat hari, mulai 25 hingga 28 Maret 2019. Hari pertama UNBK ini, para peserta didik mengerjakan soal Bahasa Indonesia,” katanya.

Pantauan di lapangan, monitoring UNBK tingkat SMK itu turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungbalai, Tety Juliany Siregar. Mereka memantau SMKN 1 (Perikanan) di Sei Tualang Raso, SMKN 2 (Otomotif) Sei Tualang Raso dan SMKN 4 (Komputer) di Datuk Bandar Timur, Kota Tanjungbalai. (CK-02)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button