HUT RI
Berita

Hari Ini Pencoblosan Ulang di Nias

FaseBerita.ID – KPU memastikan sejumlah daerah akan melakukan pemungutan suara ulang. KPU menyebut setidaknya ada 3 daerah yang sudah melakukan pemungutan suara ulang sejak kemarin dan hari ini.

“Sudah kita pastikan, bahwa 391 TPS di Banggai, Sulawesi Tengah sudah melakukan pemungutan suara susulan kemarin. Kemudian 24 TPS di kota Jambi sudah dilaksanakan kemarin juga, kemudian di Jayapura itu sudah dilaksanakan,” ujar Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (19/4).

Meski begitu, dia mengatakan saat ini masih ada daerah yang belum melakukan pemungutan suara ulang. Pramono memastikan KPU akan segera merampungkan daerah yang melakukan pemungutan suara ulang.

“Kemudian yang 113 TPS di Nias Selatan itu akan dilaksanakan besok (hari ini, red), Sabtu (20/4), karena hari Jumat sebagian warganya merayakan Jumat agung, tinggal kita masih menunggu informasi dari bawah yang Tolikara dan Lani Jaya, satu lagi Kalimantan Timur beberapa kabupaten kota,” katanya.

Sebelumnya KPU mengumumkan hasil pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019. Tercatat sebanyak 2.249 TPS tidak dapat melaksanakan pemungutan suara pada 17 April 2019.

“Perlu kami sampaikan adalah jumlah TPS yang tidak dapat melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara pada tanggal 17 April 2019,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di Hotel Ritz-Carlton Mega Kuningan Jakarta, Kamis (18/4).

“Jumlah totalnya adalah 2.249 dari total keseluruhan jumlah TPS yang dibentuk oleh KPU 810.193 itu kalau di presentase kurang lebih hanya 0,28%,” sambungnya.

TPS tersebut tidak dapat melakukan pemungutan suara karena masalah keterlambatan logistik. Selain itu, hal ini juga karena adanya bencana alam.(dc/fid)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button