Berita

Harganas Sumut 2019 Dipusatkan di Labura

LABURA, FaseBerita.ID – Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) menjadi tuan rumah peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2019. Acara berlangsung di Lapangan Bola Kaki Kelurahan Aek Kota Batu, Kecamatan Na IX-X, 4-5 September yang dirangkai pameran.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Labura H Muhammad Suib mengatakan, Pemprovsu memberikan kepercayaan kepada Labura menjadi tuan rumah untuk peringatan Harganas tidak terlepas dari kepiawaian Bupati H Kharuddin Syah SE dan komponen masyarakat.

Pada puncak acara, Kamis (5/9/2019), Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi bersama rombongan tiba di Labura sekitar pukul 10.20 WIB.

Kharuddin dalam sambutannya mengatakan, sebanyak 15 Kampung KB di Labura telah terbentuk. Berkat kerja sama pemerintah TNI/Polri dan segenap komponen masyarakat dapat diwujudkan stabilitas keamanan dan ketertiban.

Dalam kesempatan itu, Kharuddin menyampaikan daerah pesisir yakni Kualuh Leidong yang potensi alamnya sangat baik, termasuk produksi pertanian seperti beras dan kelapa sawit dan berbagai jenis ikan. Akses ke sana, bisa melalui jalan darat dan laut. Jalan darat, dari Tanjung Pasir Kecamatan Kualuh Selatan. Sedangkan laut, dari Tanjungbalai dan Asahan.

“Kami telah berupaya melalui APBD Labura yang masih terbatas membangun jalan cor beton. Namun belum mampu mempercepat pertumbuhan perekonomian. Kami memohon status jalan kabupaten tersebut, menjadi jalan provinsi. Sehingga masyarakat dapat lancar transportasi,” katanya.

Acara Harganas tahun 2019 juga dihadiri sejumlah bupati di Provinsi Sumut termasuk Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhemi, Ny Nawal Lubis Edi Rahmayadi selaku Ketua TP PKK Sumut, Dr Ir Hj Hidayati MSi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sumut, jajaran OPD Labura, Ny Hj Ely Zarwati Kharuddin Syah selaku Ketua TP PKK Labura, dan seluruh anggota PKK, para camat se- Labura serta Kasdam Bukit Barisan, Dandim 0209/LB, dan Kapolres Labuhanbatu.

Di sela-sela acara, Kepala Dinas PPKB Labura H Muhammad Suib mengucapkan terima kasih  kepada Gubsu dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB serta Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumut atas penunjukan Kabupaten Labura sebagai tuan rumah peringatan Harganas Tingkat Provinsi Sumut. Dengan ditunjuknya Kabupaten Labura sebagai tuan rumah, merupakan kehormatan membanggakan yang tidak ternilai harganya. Dijelaskan Suib,  dalam acara Harganas, ada pameran dan gelar dagang yang diikuti 20 peserta dari berbagai kabupaten dan kota serta instansi.

Di antaranya, Padangsidimpuan, Gunungsitoli, Tanjungbalai, Mandailing Natal (Madina), Serdang Bedagai (Sergai), Labuhanbatu, Labura, Medan, Dairi, Sibolga, Tapanuli Selatan (Tapsel), Deli serdang, Karo, Tebingtinggi, Dinas Dukcapil Sumut, Dinas Perikanan dan Kelautan Sumut, Dinas Koperasi dan UMKM Sumut, Dinas Sosial, Dekranasda, dan Tim Penggerak PKK Labura. (st)

iklan usi



Back to top button