Berita

Harga Lembu Kurban Rp16 Juta per Ekor

FaseBerita.ID – Menjelang Hari Raya Idul Adha Tahun 2020 (1441 H) saat ini, harga hewan ternak lembu kurban di sekitar wilayah Kabupaten Palas masih relatif normal. Untuk per ekornya kisaran Rp 16.000.000,- per ekor. Harga terendah, Rp 2.500.000 per ekor.

Andrian Ahmad Sukarman salah seorang peternak hewan lembu kurban, saat dikonfirmasi di lokasi peternakannya Desa Hutanopan Kecamatan Lubuk Barumun, Selasa (14/7) menyebutkan daging yang dihasilkan diperkirakan berat danging hewan ternak lembu kurban harga tertinggi itu, sekitar 115 kilo gram (Kg) per ekor. Sedangkan untuk lembu kurban harga terendah tersebut, sekitar berat 50 Kg daging, per ekor.

“Ketetapan harga lembu kurban kita sudah termasuk biaya antar (mobilisasi) ke tempat pembeli,” sebut Andri yang juga sebagai pedagang jual beli hewan ternak lembu kurban ini.

Tak dipungkiri, kondisi harga ternak lembu kurban di lokasi peternakannya ini, sewaktu-waktu bisa saja berubah. Namun tetap mengacu pada harga pasaran, juga kesepakatan antara pihaknya dengan pembeli.

“Kami akan tetap menyesuaikan dengan harga pasaran, para pedagang ternak lembu kurban yang lain di Palas. Untuk itu, harga ini nanti bisa turun, bisa naik, tergantung kondisi harga pasaran dan kesepakatan bersama pembeli ke depan,” katannya.

Untuk stok, puluhan ekor sapi siap. Dapat diperkirakan, permintaan menjelang Idul Adha tahun ini masih cukup. “Untuk Palas, masih bisa (dikondisikan),” tandas peternak sapi ini. (tan)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button