Berita

Hanif Saputra Diduga Derita Gizi Buruk: Gejala Awal Demam Tinggi dan Lemas

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Hanif Saputra, balita berusia 1 tahun 11 bulan yang diduga menderita gizi buruk akhirnya mendapat perhatian dari Pemko Padangsidimpuan.

Jajaran Pemko langsung turun memberikan bantuan dan memfasilitasi pengobatan Hanif.

Hanif Saputra merupakan putra dari pasangan Sawal Saputra dan Nurmaida Lubis. Mereka tinggal di Desa Batang Bahal Kecamatan Psp Batunadua. Balita yang lahir pada November 2017 itu diduga menderita gizi buruk sejak tiga mingga setelah lahir dia mengalami demam tinggi.

“Kita lakukan penanganan langsung dengan memeriksa kondisi kesehatannya (memfasilitasi untuk berobat, red),” kata Walikota Psp Irsan Efendi Nasution diwakili H Arwin Siregar didampingi Plt Sekda H Letnan Dalimunthe dan Kabag Humas Protokol Nurcahyo, saat mendatangi Rumah Hanif Saputra, di Desa Batang Bahal.

Kedatangan Pemko Padangsidimpuan bersama jajaran Dinas Kesehatan dan Puskesmas Batunadua untuk memberikan bantuan sekaligus memfasilitasi Hanif Saputra berobat.

Beberapa saat setelah kunjungan tersebut, Tim dari Puskesmas memfasilitasi Hanif Saputra untuk dibawa atau dirawat lebih lanjut di RSUD Padangsidimpuan.

“Kita bawa ke Rumah Sakit untuk perawatan lebih lanjut. Kita sudah membawa pasien. Mudah-mudahan ada perubahan,” kata Kapus Batunadua drg Susanti Lubis.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, gejala awal penyakit dimulai sejak usia tiga minggu, yaitu demam tinggi dan lemas. Pihak keluarga langsung membawanya ke RSUD dan dirujuk ke RS Adam Malik Medan.

Hanif Saputra telah mendapatkan pengobatan di RS Adam Malik dan disarankan dokter harus rutin kontrol untuk mendapatkan perawatan lanjutan. Tetapi, karena kendala biaya hidup dan obat yang diluar tanggungan BPJS, pasien tidak rutin dibawa berobat lanjutan. (bsl)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button