Berita

Hakim Konstitusi Seminar Konstitusional di STPS

FaseBerita.ID – Hakim Konstitusi RI Manahan MP Sitompul Sabtu (15/2) lalu memberi pemaparan dalam seminar konstitusional di Kampus Sekolah Tinggi Perikanan Sibolga (STPS) Jalan SM Raja No 444. Seminar berjudul; perlindungan hak-hak konstitusional masyarakat pesisir pantai dalam putusan Mahkamah Konstitusi.

Seminar konstitusional itu diikuti para mahasiswa-mahasiswi dari STP Sibolga, Stikes Nauli Husada, STIE Sibolga, STP Matauli Pandan, Akademi Komunitas Nasional (AKN) Sibolga, PPN Sibolga, PSDKP Sibolga, PT ASSA, PT MDN serta dihadiri para dosen STPS dan undangan lainnya, seperti Dr Mardiani Tanjung SE MSi dan tokoh masyarakat Sanggaraja Sitompul SH.

“Sejak kelahirannya 16 tahun silam, Mahkamah Konstitusi (MK) telah memainkan peran dan posisi yang penting dan strategis dalam upaya perlindungan hak-hak konstitusional warga negara. Dalam perjalanannya mengawal konstitusi dan proses demokrasi, tak jarang MK mengeluarkan putusan yang menjadi landmark decisions,” jelasnya.

Karena menurutnya, dalam pertimbangan hukumnya MK turut mempertimbangkan rasa keadilan substantif di tengah-tengah masyarakat.

Walaupun pada awalnya putusan-putusan tersebut sulit diterima dan dinilai kontroversial, namun lambat laun publik semakin mengetahui makna, manfaat dan alasan yang melatarbelakangi putusan-putusan yang dijatuhkan tersebut. Termasuk putusan No 3/PUL pengujian UU No 27 tahun 2007 tentang pesisir dan pulau-pulau kecil yang telah direvisi dengan UU No 1 tahun 2014.

Sementara itu Ketua Panitia Seminar Konstitusional Henri Sinaga MSi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan para mahasiswa dan stakeholder dalam melihat peraturan perundang-undangan dan hak-hak warga pesisir yang selama ini belum diketahui secara jelas dan transparan.

“Tujuan seminar ini adalah untuk mengetahui hak-hak konstitusional masyarakat pesisir pantai dalam putusan Mahkamah Konstitusi,” jelasnya. (mis/sr)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close