Berita

Hak Angket: ‘Jika Tak Ada Hasil, Kembalikan Dana yang Sudah Keluar’

FaseBerita.ID – Institute Law And Justice (ILAJ) kembali menyikapi Hak Angket DPRD Siantar yang terkesan tidak serius dan hanya akan menghabis-habiskan anggaran saja.

Fawer Sihite selaku Ketua ILAJ menilai, DPRD dinilai tidak serius dalam pembahasan Hak Angket. Hal itu juga terlihat adanya beberapa kegiatan DPRD juga yang memakan waktu keluar kota seperti Adeksi dll.

Menurutnya, jika DPRD serius dalam persoalan angket ini sebenarnya pembagian tugas itu bisa dilakukan agar tidak terkesan hanya untuk menghabis-habiskan anggaran saja.

“Tidak semua harus berangkat Adeksi. 9 orang yang sudah ditunjuk sebagai Pansus Hak Angket sebenarnya bisa lebih fokus membahas apa yang menjadi poin-poin di Hak Angket, seperti yang sudah dilakukan konsultasi dengan Mendagri,” ujarnya.

Ia menegaskan agar DPRD Siantar jangan main-main dengan anggaran yang sudah digunakan. Tahun 2018 lalu sudah merupakan tindakan penghamburan anggaran karena tidak ada hasil Pansus Hak Angket.

“Jika ini terjadi lagi, ILAJ minta agar DPRD mengembalikan seluruh anggaran yang sudah dikeluarkan. Supaya tidak se suka-suka dalam bertindak. Tidak ada alasan Pansus nantinya tidak korumlah dan yang lainnya. Karena menurut hemat kami dari ILAJ tidak ada di dalam Tatib DPRD mengatakan Pansus Hak Angket harus korum. Setiap pansus ya harus ada kesimpulannya apa. Jangan terkesan hanya sebatas. Jangan ogap-ogap untuk Walikota saja, melainkan DPRD harus mampu membuktikan bahwa Pansus Hak Angket merupakan kepentingan masyarakat umum,” tegasnya. (Mag 04)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker