Berita

Hadiri Rakornas Bidang Kewaspadaan Nasional, Walikota Komit Sukseskan Pemilu 2019

FaseBerita.ID – Pemerintah Kota Sibolga berkomitmen kuat mensukseskan penyelenggaraan pemilu serentak 17 April 2019 yang akan datang. Komitmen kesiapan itu disampaikan Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk di sela-sela pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kewaspadaan Nasional di Ball room Golden View Hotel Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (28/2).

Walikota Sibolga hadir didampingi Kakan Kesbang dan Linmas Kota Sibolga Irwan Ahuy Sitanggang SE mengikuti rapat finalisasi pemerintah terkait kesiapan dari masing-masing stakeholder pemilu serentak tahun 2019. Selain pemerintah daerah, Rakornas Bidang Kewaspadaan Nasional ini juga diikuti oleh Kepala Kejaksaan Negeri, Komandan Kodim dan Kapolres se-Sumatera.

Terkait kesiapan Pemko menghadapi pemilu nanti, walikota menjelaskan bahwa Kota Sibolga telah melakukan banyak hal untuk suksesnya pemilu serentak 17 April 2019 nanti. Bersama KPU, upaya untuk memaksimalkan tingginya partisipasi masyarakat terus dilakukan. Dengan menargetkan partisipasi pemilih di Pileg dan Pilpres mencapai 80 persen.

“Saya sudah bertemu dengan KPU Kota Sibolga beberapa waktu lalu dan kita berkomitmen tingkatkan partisipasi pemilih,” kata Syarfi.

Dijelaskannya, Kota Sibolga mempunyai trade record yang sangat baik dalam hal penyelenggaraan pesta demokrasi. Dimulai dari awal tahun pemerintahannya hingga saat ini.

Sekilas diterangkan orang nomor satu di Kota Sibolga ini. Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, Pemko Sibolga telah sukses menyelenggarakan pilkada tahun 2015 dan Pilgub tahun 2018. Ia optimis keberhasilan yang sama akan terulang pada pesta demokrasi pilpres dan pileg nantinya.

“Jadi, Insya Allah saya optimis pilpres dan pileg akan berlangsung dengan aman dan tertib,” papar Syarfi.

Pemilu serentak merupakan kali pertama dilaksanakan di Indonesia. Pemilu ini menurutnya, selain yang paling rumit sepanjang sejarah juga menjadi pemilu yang paling mencuri perhatian dunia internasional. Mantan anggota DPR RI ini percaya jika keberhasilan penyelenggaraan pemilu serentak 2019 nanti akan mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia dimata dunia. Namun jika terjadi hal sebaliknya, maka citra Indonesia sebagai negara paling demokratis ketiga di dunia, akan tercoreng.

“Saya yakinnya begitu. Maka, Pileg dan Pilpres ini bukan hanya tugas dan tanggungjawab penyelenggara dalam hal ini KPU, tetapi ini merupakan kewajiban bersama seluruh rakyat Indonesia,” pungkasnya. (ts)

Tags

Berita lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close