Berita

Hadapi Pilkada 2020, Mesin Partai PDIP Lebih Panas

JAKARTA, FaseBerita.ID– Langkah politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk menghadapi Pilkada serentak 2020 banyak menuai sorotan. Pasalanya, partai banteng moncong putih ini menjadi satu-satunya parpol yang mengumumkan 45 paslon kepala daerahnya yang akan bertarung pada 9 Desember nanti.

Pengumuman 45 calon kepala daerah oleh DPP PDIP pada Jumat, 17 Juli 2020 lalu itu memang lebih awal daripada partai politik lainnya. Direktur Populi Center, Usep S Akhyar mengatakan, pengumuman calon kepala daerah ini mengisyaratkan dinamika di internal PDIP dengan parpol koalisi telah selesai.

“Kesiapan PDIP di sejumlah wilayah memang sudah matang sejak lama. Di beberapa wilayah secara elektabilitas PDIP juga aman. Dan tidak ada dinamika lagi dengan partai koalisi. Makanya pengumuman calon bisa lebih awal,” kata Usep dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com, Senin (20/7).

Menurut Usep, ada banyak keuntungan yang akan diperoleh PDIP saat mengumumkan lebih awal calon kepala daerah yang diusung. Dari sisi calon kepala daerah, mereka memiliki kesempatan yang lebih luas menyampaikan program dan gagasan politiknya kepada masyarakat.

“Mereka akan lebih mantap dalam hal komunikasi dengan masyarakat dan lebih tenang dalam meningkatkan elektabilitas. Sementara calon yang belum dapat tiket tertinggal selangkah di belakang,” kata Usep.

Sementara, lanjutnya, dari sisi pengusung, pengumuman calon kepala daerah yang dilakukan lebih awal ini akan membuat PDIP lebih fokus mengalokasikan sumber daya partainya untuk pemenangan.

“Meski kampanye terbuka belum mulai, persiapan PDIP bisa lebih lama. Mesin partai juga akan fokus memenangkan satu calon,” pungkasnya. (jp/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button