Berita

Gugatan Praperadilan Penetapan Tersangka Oknum PNS Kasus Pemalsuan Ditolak

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Pengadilan Negeri (PN) Sibolga menolak permohonan gugatan praperadilan penetapan tersangka oknum ASN Pemko Sibolga berinisial N, warga Jalan Sudirman, Kelurahan Aek Parombunan, dalam kasus pemalsuan tandatangan surat tanah yang ditangani Polres Sibolga.

Hakim tunggal Martua Sagala dalam persidangan praperadilan dengan materi putusan di ruang sidang PN Sibolga di Jalan Sibolga-Padangsidempuan Kecamatan Sarudik, Tapteng, Selasa (21/1) mengatakan praperadilan yang diajukan pemohon ditolak seluruhnya.

“Menolak permohonan yang diajukan pemohon dan menyatakan penetapan tersangka sah,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Polres Sibolga menetapkan oknum ASN di lingkungan Pemko Sibolga berinisial N sebagai tersangka dalam kasus tindak pidana ‘menggunakan surat palsu atau tanda tangan yang dipalsukan’.

Penyidik telah melakukan langkah-langkah mulai dari pemeriksaan saksi-saksi, pemeriksaan terhadap selembar berita acara pengukuran tanah tanggal 13 Nopember 2005 dengan pemohon Betuel Sitorus dan Nurmaidah ke laboratorium Forensik Polda Sumut dengan hasil non indentik dan merupakan tanda tangan yang berbeda.

Kemudian melakukan gelar perkara hingga terhadap terlapor ditetapkan sebagai tersangka.

Penetapan status tersangka ini selanjutnya dipraperadilankan di PN Sibolga oleh tersangka yang selanjutnya digelar persidangan dengan kuasa hukum Polres Sibolga dari Bidkum Poldasu AKBP Dadi Purba dan Kompol Ramsel Napitupulu. (mis)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker