Berita

Gugatan PKPI Simalungun Gugur: PDIP Lanjut

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan tidak melanjutkan sidang perkara gugatan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dengan nomor perkara 143.20-02/PHPU.DPR-DPRD/XVII/2019 tentang hasil perolehan suara pemilihan umum DPRD Simalungun daerah pemilihan VI.

Keputusan menghentikan sidang karena petitum tidak bersesuaian atau keputusan menghentikan perkara karena beberapa alasan berbeda, juga terjadi pada 13 perkara yang diajukan partai politik dari berbagai daerah, Jumat (19/7/2019).

Sementara gugatan PDIP terkait hasil perolehan suara Pemilu legislatif di Dapil V Kabupaten Simalungun masih berlanjut.

Komisioner KPU Simalungun Dhani Damanik mengatakan, pihaknya melalui KPU Pusat sudah menyampaikan dalil-dalil dan bukti terkait gugatan para penggugat.

“MK sudah menghentikan perkara gugatan PKPI setelah sidang pemeriksaan awal. Namun untuk gugatan PDIP masih berlanjut,” katanya.

Terkait gugatan PDIP, agenda sidang yakni menghadirkan saksi-saksi.

Sebelumnya PKPI mengajukan gugatan atas keputusan KPU Simalungun tentang hasil perolehan suara hasil pemilihan umum DPRD Kabupaten Simalungun dapil VI.

PKPI mengajukan alasan adanya tindakan panitia yang mengakibatkan PKPI kehilangan suara.

Sementara PDIP mengajukan gugatan dan mendesak dilakukan pemilihan suara ulang di 11 tempat pemungutan suara (TPS) di Kelurahan Huta Bayu, Kecamatan Huta Bayu Raja, yang termasuk dalam dapil V Simalungun.

PDIP menemukan bukti-bukti adanya pemilih yang tidak memenuhi syarat sesuai PKPU, dua kali menggunakan hak pilih dan pemilih dari luar daerah yang tidak menyertakan surat pindah memilih. (esa)

iklan usi



Back to top button