Berita

Gubsu Apresiasi Pagelaran Seni Budaya Daerah di Asahan

FaseBerita.ID – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi secara resmi membuka Pargelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) IV di Kabupaten Asahan, Kamis (21/11/2019).

Dalam kesempatan itu, Edy memuji kegiatan festival budaya daerah yang ke empat kalinya dilaksanakan di Kabupaten Asahan ini. “Saya terharu sekali dan bangga Asahan bisa buat ini. Pagelaran ini cara untuk mempersatukan kemajemukan bangsa kita. Bayangkan ada, 17.458 pulau, 1.129 etnis dan 926 bahasa kita itu satu Indonesia,” katanya.

Edy juga menambahkan salah satu bukti majunya daerah terlihat dengan majunya budaya itu sendiri. “Dengan aneka ragam budaya maka pembangunan daerah kita menjadi lebih baik,” terangnya.

Bupati AsahanH Surya dalam sambutannya mengatakan PSBD merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap budaya dan etnis serta edukasi/ pembelajaran budaya di Asahan.

“Ini komitmen Pemkab Asahan untuk peduli terhadap budaya yang jadi warisan leluhur mempersatukan bangsa menjadi Indonesia,” ucapnya.

Gelaran pameran festival budaya etnis dua tahunan di Kabupaten Asahan bertajuk Pekan Seni Budaya Daerah (PSBD) diikuti oleh 14 etnis yang ada di bumi rambate rata raya.

Ajang pamer seni pertunjukan masing masing suku ini bakal digelar di lapangan Graha Asahan Indah, kompleks Terminal Madya Kisaran mulai tanggal 21 Nopember hingga 6 Desember 2019.

Setiap harinya kegiatan yang digagas oleh Forum Komunikasi Lembaga Adat (FORKALA) Asahan ini, bakal dimeriahkan dan diisi oleh penampilan masing masing etnis. Pertunjukan bisa berupa kesenian tari, lagu, pertunjukan budaya, atraksi maupun teater.

Dilansir dari media informasi PSBD adapun jadwal penampilan etnis secara estafet dimulai dari etnis Pakpak pada hari Jumat tanggal 22 Nopember, etnis Karo Sabtu 23 Nopember, etnis Batak Toba Minggu 24 Nopember, etnis Nias Senin 25 Nopember, etnis Jawa Selasa 26 Nopember.

Kemudian etnis Aceh pada hari Rabu 27 Nopember, etnis Tabagsel hari Kamis 28 Nopember 2019, etnis Tionghoa Jumat 29 Nopember, Etnis India Sabtu 30 Nopember, etnis Minang Minggu 1 Desember, etnis Sunda Senin 2 Desember, etnis Banjar Selasa 3 Desember, etnis Simalungin Rabu 4 Desember dan etnis Melayu Kamis 5 Desember. (per/rah)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close