Berita

Grainy Ang Spesialis Diet Catering

FaseBerita.ID – Menjadi pengusaha katering khusus untuk program diet tidak pernah terlintas dalam pikiran Grainy Ang sebelumnya. Namun ternyata, ia fokus menggeluti bisnis yang sudah mulai dilakoninya sejak Februari 2015 itu.

Awalnya, pemilik nama lengkap Merry Anggrainy ini mencoba membuat menu diet untuk dikonsumsi sendiri. Ia belajar dari berbagai situs di internet. Lalu, makanan untuk diet tersebut difoto dan diposting di media sosial. Ternyata, foto-foto yang tampil cantik, menarik perhatian teman-temannya. Mulailah Grainy menerima pesanan dari kalangan teman dekatnya.

“Lama-lama, banyak yang tahu dan memesan dari saya,” kata Grainy, yang kemudian melabel nama usahanya dengan nama Eatclean Diet Catering, beralamat di Jalan Pangururan simpang Jalan Padangsidimpuan, Kelurahan Timbang Galung, Siantar Barat, Pematangsiantar.

Dibantu sang ibu, anak ketiga dari empat bersaudara pasangan Anggiat Poltak dan Rosina Amir ini mulai menjalankan usaha diet catering-nya.

“Tadinya saya hanya dibantu mama. Ya, saya learning by doing aja,” tukas alumni SMA Methodist Pematangsiantar ini.

Menurut Grainy, menu untuk diet sebenarnya mengikuti tren. Sempat ada Mayo, dan kini Keto, yang semuanya berbeda-beda programnya, termasuk untuk menu makanan.

Grainy sendiri, lebih menyediakan balancing food dalam menu katering-nya. Namun, jika ada yang meminta menu sesuai program diet yang sedang dijalankan, Grainy bersedia menyediakannya.

Kini, Grainy dibantu seorang asisten untuk mengerjakan katering setiap Senin hingga Jumat.

“Hanya dari Senin sampai Jumat. Sabtu dan Minggu atau weekend, biasanya kan hari bersama keluarga, jadi bisa sedikit lebih bebas menyantap makanan. Asalkan tetap dalam porsi yang wajar,” tukas wanita yang sempat menetap di Medan untuk kuliah dan bekerja di bidang keuangan ini.

Dilanjutkan Grainy, menu balancing food yang disediakannya benar-benar sudah dihitung jumlah karbohidrat, protein, dan lainnya, plus hanya sedikit garam.

“Jadi bukan tanpa garam sama sekali,” tandas Grainy yang tadinya sempat membuka usaha fotografi di Pematangsiantar bersama sang adik, Mery Naefi.

Dalam menyiapkan balancing food bagi para customer-nya, Grainy berusaha agar makanan terlihat menarik untuk disantap. Jangan sampai, customer-nya merasa tersiksa dan tertekan.

“Mungkin selama ini banyak yang menganggap makanan untuk diet itu menyiksa. Sehingga banyak yang tidak sanggup berdiet,” terang Grainy, yang selalu update menu-menu balancing food.

Menu balancing food yang disediakan Grainy untuk tiga kali sehari, yakni breakfast (sarapan), lunch (makan siang), dan dinner (makan malam). Meski begitu, semuanya disesuaikan dengan keinginan customer.

“Ada yang mau lunch aja, atau dinner aja. Meskipun, kalau memang memutuskan untuk mengonsumsi food balancing, sebaiknya untuk tiga kali sehari,” sebut perempuan yang start di dapur setiap harinya mulai pukul 06.00 WIB itu.

Untuk menu breakfast, biasanya mulai diantar sekitar pukul 07.30 WIB, lunch pukul 10.30 WIB, sekalian untuk dinner. Kecuali jika ada permintaan khusus dari customer untuk jam pengantaran.

Masih kata cewek yang hobi travelling ini, ia selalu berkreasi dalam menyiapkan menu. Ketika sedang tren ayam geprek, Grainy pun menyediakan ayam geprek, tentunya tetap dengan versi food balancing.

Selain menu untuk tiga kali makan, Grainy juga menyediakan healthy snack, yang juga buatannya sendiri. Seperti almond milk, chiapudding, smoothies bowl, yogurt, dan lainnya.

Dilanjutkan Grainy, mereka mengonsumsi balancing food ataupun menu diet lainnya, sebaiknya tetap diimbangi dengan olahraga. Setiap hari, lanjutnya, sebaiknya berolahraga minimal 30 menit. Misalnya jogging.

“Untuk olahraga, bias saja dengan naik turun tangga setiap hari. Apapun ceritanya, tetap harus olahraga, termasuk yang mengonsumsi suplemen diet,” jelasnya.

Meskipun terkadang ada kejenuhan dalam menjalankan usahanya, namun Grainy yakin bisa tetap fokus. Untuk mengatasi kejenuhan, di saat weekend, ia biasanya memanjakan dirinya sendiri.

“Perawatan tubuh sendiri, ke Medan untuk nonton film, juga kumpul sama teman,” tambahnya.

Grainy yakin usahanya tersebut bisa berkembang. Malah, ia bermimpi bisa memiliki kafe khusus healthy food. (awa)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button