HUT RI
Berita

Gerhana Matahari Cincin Terlihat Nyaris Sempurna di Langit Nias Utara

FaseBerita.ID – Gerhana matahari cincin terpantau di beberapa wilayah di Sumatera Utara, salah satunya di Nias Utara, Kamis (26/12).

Dari foto yang dibagikan laman resmi infobmkg, terlihat gerhana nyaris sempurna. Beginilah penampakan Puncak Gerhana yang berhasil di abadikan tim BMKG dari Nias Utara. Indah yah sob, tinggal nunggu cincin dari kamu ajah,” demikian tulis akun tersebut.

Selain itu, pengamatan gerhana matahari ini juga disaksikan lewat nonton bareng yang 3.000 peserta di pelataran kampus pascasarjana UMSU. Di Medan, hingga pukul 12.00, gerhana hanya tanpa sebagian.

Kepala BMKG Stasiun Geofisikan Klas I Tuntungan, Teguh Rahayu menyatakan gerhana matahari cincin di Medan, memang hanya terlihat sebagian yakni 93%. “Yang kita lihat di Medan adalah gerhana sebagiannya, sementara kalau gerhana cincin dapat dilihat di wilayah Sibolga, Padangsidimpuan, Gunung Tua, dan Sipirok. Karena persentasi matahari tertutup bulan, di Medan terlihatnya sekitar 93%,” jelasnya.

Seperti diketahui, gerhana matahrai cincin terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari. Akibatnya, saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Wilayah yang terlewati jalur cincin pada GMC 26 Desember 2019 adalah Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilangka, Samudra India, Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Samudera Pasifik. GMC 26 Desember 2019 ini dapat diamati di sedikit Afrika bagian Timur, seluruh wilayah Asia, Samudra India, Australia bagian Utara, dan Samudera Pasifik berupa gerhana matahari sebagian. (ps)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button