Berita

Gerhana Matahari Cincin 26 Desember Diabadikan Masyarakat Siantar-Simalungun

SIANTAR, FaseBerita.ID  –  Fenomena alam berupa gerhana matahari cincin, Kamis 26 Desember 2019 sangat menarik perhatian khususnya masyarakat Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun yang menyaksikan langsung dan tidak membuang kesempatan untuk mengabadikan momen tersebut.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan fenomena Gerhana Matahari Cincin atau yang mereka singkat menjadi GMC akan terjadi 26 Desember siang. Peristiwa gerhana matahari maupun gerhana bulan bisa diprediksi dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Pada tahun 2019 ini diprediksi terjadi lima kali gerhana dan yang terakhir adalah Gerhana Matahari Cincin (GMC) pada tanggal 26 Desember nanti. Perlu diketahui bahwa salah satu tupoksi BMKG adalah memberikan informasi layanan tanda waktu termasuk informasi Gerhana Matahari dan Bulan.

Gerhana matahari cincin terjadi ketika matahari, bulan dan Bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari. Akibatnya, saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Salah seorang masyarakat yang bernama Tika yang ikut mengabadikan momen tersebut mengatakan kalau momen ini harus di abadikan karena tidak terus bisa melihat yang seperti ini.

“Ini harus kita abadikan karena tidak selamanya ada seperti ini. Karena yang saya pernah baca tidak semua wilayah Indonesia yang dapat melihat. Jadi kota Pematangsiantar ini spesial karena dapat menyaksikan gerhana matahari cincin ini,” ujarnya sembari mengabadikan momen tersebut. (Mag 04/fe)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker