Berita

Gempa Guncang Wilayah Medan

MEDAN, FaseBerita.ID – Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 2,8 SR mengguncang wilayah Medan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (3/10/2019). Banyak warga tidak merasakan telah terjadi gempa pada Kamis siang itu.  Namun, masyarakat diminta tidak terpengaruh isu yang tidak benar terkait gempa.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, gempa bumi Medan terjadi pukul 12.05 WIB. Episenter gempa terletak pada koordinat 3,49 LU dan 98,65 BT, atau tepatnya berada di darat pada kilometer 22, tenggara Binjai, Sumut, pada kedalaman 18 kilometer.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Edison Kurniawan mengatakan, dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. Gempa di Medan terjadi akibat aktivitas sesar aktif.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan yang dirasakan di wilayah Medan dan Binjai II MMI.

“Kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipastikan kebenarannya,” kata Edison.

Meski demikian, tak banyak masyarakat yang menyadari telah terjadi gempa bumi. Ridwan, seorang mahasiswa di sebuah perguruan tinggi swasta di Medan mengaku tidak merasakan adanya gempa bumi.

“Ada gempa-nya? Saya nggak tahu. Tak merasakannya,” kata Ridwan.

Hal yang sama diungkapkan Haikal, seorang pemandu wisata di Jalan Sisingamangaraja, Medan. (kdc/int)



Unefa

Pascasarjana
Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close