Berita

Gempa Guncang Sibolga, Nias dan Aceh

FaseBerita.ID – Gempa bumi yang terjadi di Aceh Singkil dan Padangsidimpuan juga dirasakan masyarakat Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng). Peristiwa yang terjadi beruntun sebanyak dua kali pada Senin (11/3) malam itu pun membuat warga waswas.

Aris, salah seorang warga Kota Sibolga mengaku sempat khawatir dengan gempa bumi yang terjadi dengan selang waktu kurang lebih 3 jam dari gempa yang pertama terjadi malam itu. “Baru sekira jam 8 ada gempa, ini sudah gempa lagi, lebih kuat pula dari yang pertama. Ya khawatirlah,” ucap Aris kepada New Tapanuli.

Kendati begitu, Aris mengaku kekhawatiran itu tidak berlangsung lama, mengingat gempa yang dirasakan tidak berlangsung lama dan tidak ada gempa susulan lagi.

“Memang untuklah nggak lama gempanya, karna sudah sampe bergetar rumah kami, orang saja pun tadi berlarian lah pulang ke rumahnya lihat keluarganya,”ucap Aris.

Sementara, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas III Dr. Ferdinan Lumbantobing Pinangsori, Tapteng Ahmad Ubaedillah mengatakan gempa pertama yang terasa di Sibolga-Tapteng itu terjadi di Aceh Singkil dengan kekuatan 5,5 Skala Richter (SR).

“Info gempa magnitudo 5,5 SR, 11-Maret-2019, pukul 20:26:24 WIB, Lokasi Gempa : 1.93 LU, 97.83 BT (47 Km BaratDaya Kabupaten Aceh Singkil, kedalama 19 Km,” sebut Ahmad.

Gempa yang terjadi itu, lanjut Ahmad, sesuai dengan amatan pihak BMKG tidak berpotensi tsunamai. “Tidak berpotensi tsunami,”jelasnya.

Sementara, gempa yang kedua kali terjadi pada malam yang sama, Ahmad menjelaskan bahwa lokasi gempa tidak sama dengan yang pertama. Gempa kedua kalinya yang terasa malam itu dikatan berlokasi di Padangsidimpuan dan lebih keras dari gempa yang terjadi di Aceh.

“Gempa magnitudo 5,8 SR, pukul 23:34:29 WIB, lokasi gempa 1.13 LU, 98.76 BT, 63 Km Barat Daya, Padangsidempuan, Sumut, kedalaman 85 Km,”katanya.
Ditambahkannya, gempa yang terjadi itu pun tidak berpotensi tsunami. “Tidak berpotensi tsunami,”tutupnya. (dh/rb)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button