Berita

Gelapkan Mobil Rental, Warga Sarudik Ditangkap

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Polisi meringkus tersangka pelaku penggelapan mobil milik Yames Franki Sitorus (36) warga Jalan IL Nomensen, Kelurahan Angin Nauli, Sibolga Utara.

Tersangka yang diketahui berinisial HTS alias J (33) warga Jalan Sibolga-Padangsidimpuan, Gang Prona, Kelurahan Sarudik, ini ditangkap personel Satuan Reskrim Polres Sibolga dari sebuah rumah makan di daerah Tangerang, Banten, Selasa (17/9/2019) sekira pukul 15.00 WIB lalu.

Menurut keterangan Kapolres Sibolga AKBP Edwin Hariandja melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin, penggelapan mobil tersebut bermula saat pelaku dan seorang temannya, yang kini masih buron merental mobil milik Yames, Jumat (30/11/2019) tahun 2018 sekira pukul 19.00 WIB. Kemudian, karena mobil jenis Kijang Innova B 1817 KYG tersebut mengalami kerusakan akibat kecelakaan, lantas pemilik mobil tidak menerima mobil tersebut saat dikembalikan para pelaku.

“Hari Jumat Yames ditelepon oleh seseorang yang isinya mau merental mobil miliknya. Keesokan pagi, karyawan Yames bernama Ely Simanullang menelepon, isinya memberitahukan bahwa ada orang yang mau merental mobil dan Yames mengatakan, siapa. Dan karyawannya menjawab, supir truk sampah yang biasa merental mobil. Yames kemudian menyuruh karyawannya untuk memberikan mobil. Namun, mobil tersebut tidak dikembalikan,” kata Sormin, Sabtu (28/9/2019).

Setelah menerima laporan dari korban, polisi kemudian melakukan penyelidikan dan berhasil mendapat informasi bahwa HTS telah menetap di Tangerang. Polisi akhirnya melakukan pengejaran dan berhasil meringkus pelaku di sebuah rumah makan. “Selasa (17/9/2019) sekira pukul 15.00 WIB, pelaku diamankan disalah satu rumah makan di Tangerang,” ungkapnya.

Dari hasil interogasi yang dilakukan, tersangka menerangkan bahwa mobil tersebut telah mereka digadaikan kepada seseorang di Palembang Sumatera Selatan sebesar Rp24.000.000. Dari uang tersebut, Yasmen mendapat jatah sebesar Rp2.900.000.

“Selanjutnya mobil ditemukan di Banyuasin. Saat itu yang menguasai mobil melarikan diri (identitas telah dikantongi). Kemudian, tersangka dan barang bukti mobil yang plat nomornya sudah diganti menjadi BG 1899 IK dibawa ke Sibolga,” terang sormin.

Kepada penyidik, tersangka mengaku berperan sebagai pengemudi yang membawa mobil menuju Palembang. Sementara, yang merental mobil adalah temannya yang kini masih dalam pencarian polisi.

“Katanya, dia terakhir bertemu dengan temannya itu Desember 2018 di Bangka Belitung. Setelah menggadaikan mobil, mereka berangkat ke Bangka Belitung dan sempat tinggal di sana,” kata Sormin menjelaskan keterangan tersangka.

Kemudian, tersangka meninggalkan temannya tersebut di Bangka Belitung dan berangkat ke Tangerang.
Kini pria yang sebelumnya berprofesi sebagai supir angkot tersebut ditahan di RTP Polres Sibolga. Kepadanya dikenakan pasal 372 Jounto pas 55 dan atau 56 dari KUHPidana dengan ancaman hukuman 4 tahun. (ts)



Unefa

Pascasarjana
Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close