Berita

Geger!! Warga di Simalungun Temukan Granat Aktif

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Warga Huta I, Nagori Bandar Selamat, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, geger setelah menemukan benda mirip granat nenas di Perladangan Almarhum Ridwan Damanik di Huta III (dekat TPU), Minggu (13/10/2019), sekira pukul 08.00 WIB.

Pihak kepolisian, Polsek Serbelawan langsung mengecek ke lokasi dan memasang police line agar tidak dilalui warga, sembari berjaga-jaga dilokasi menunggu kedatangan Tim Sat Brimob melakukan olah TKP untuk menjinakkan benda mirip granat nenas itu.

Informasi dihimpun, penemuan benda mirip granat nenas itu, disampaikan Selamat (59) pensiunan Karyawan PTPN IV Kebun Dolok Ilir, warga Huta III Gang Inpres Nagori Bandar Selamat, Sabtu (12/10/2019) sore sekira pukul 17.00 WIB.

Ketika itu, Selamat bersama temannya Rafi (13) sedang mengangon kambing di perladangan dekat TPU, lalu Selamat melihat benda mirip granat nenas itu dipegang Rafi sambil bertanya kepada Rafi soal benda apa yang dipegang oleh Rafi. Tapi Rafi juga tidak tahu benda apa yang dipegangnya, dan kemudian mereka memasukkan ke dalam plastik dan meletakkan benda itu di lokasi semula.

Penasaran, selanjutnya, Selamat memberitahukan temuan itu kepada warga lain bernama Andi (30) dan meneruskan info kepada Sudarto (57) yang merupakan Ketua Maujana Nagori Bandar Selamat.

Kemudian, Andi dan Sudarto mendatangi lokasi penemuan dan mengamankan benda mirip granat nenas itu dengan cara menanamnya ke tanah.

Minggu pagi, Andi dan Sudarto kembali melaporkan penemuan tersebut ke Pangulu Nagori Bandar Selamat Muhamad Rusli dan Bhabinkamtibmas Polsek Serbalawan Aiptu Darwis Harahap.

Mendapat laporan warga, Pangulu bersama personel Polsek Serbelawan melakukan pengamanan dengan cara membuat garis polisi supaya lokasi penemuan tidak dilalui warga.

Kasubbag Humas Polres Simalungun, AKP Lukman Hakim Sembiring saat dikondirmasi via selulernya, membenarkan temuan warga itu.

“Ya kita masih melakukan penyelidikan, personil Polsek Serbelawan masih berjaga-jaga di lokasi menunggu kedatangan Tim Sat Brimob untuk melakukan olah TKP serta menjinakkan benda mirip granat nenas itu,” terangnya.

Kasubden II Gegana Brimob Polda Sumatera Utara yang dipimpin langsung AKP Daud Pelawi bersama 3 personelnya turun ke lokasi untuk melakukan peledakan langsung di lokasi penemuan. Dan sekira pukul 17.15 WIB, granat nenas itu pun berhasil diledakkan oleh Tim Jibom Polda Sumut itu. (mag-05)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close