Berita

Forkopimka Sibabangun Bagikan Masker

TAPTENG, FaseBerita.ID – Menyikapi masalah kabut asap yang menyelimuti Kecamatan Sibabangun, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) beberapa pekan terakhir, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) menggelar aksi pembagian masker gratis.

Kegiatan yang merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat terdampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan ini digelar di pasar onan Sibabangun, Rabu (25/9/2019). Aksi pembagian masker mendapat sambutan hangat dari masyarakat dan pedagang.

Terlihat, Camat Sibabangun Maslina, didampingi Kapolsek Sibabangun Iptu Horas Gurning, dan petugas dari Puskesmas, membagi-bagikan masker kepada masyarakat, pedagang dan pengendara yang sedang melintas di Jalinsum Sibabangun.

Tidak hanya sekedar membagikan, unsur Forkopimka ini juga mengajari cara tepat penggunaan masker. Diterangkan jika dua sisi pada masker yakni sisi putih dan berwarna, memiliki fungsi untuk membedakan mana yang harus digunakan.

“Saat kabut asap gunakan sisi putih di luar,” himbau Camat Sibabangun, Maslina.

Aksi pembagian masker juga dimanfaatkan untuk sosialisasi dampak kebakaran hutan, dengan menempelkan brosur ‘stop kebakaran hutan dan lahan’ di setiap angkot dan kenderaan lainnya yang melintas, serta fasilitas-fasilitas umum lainnya.

Pada kesempatan itu, Kapolsek Sibabangun Iptu Horas Gurning menghimbau agar masyarakat tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. Ia meminta, jika ada masyarakat yang melihat kebakaran hutan, agar segera melaporkannya kepada pihak kepolisian ataupun aparat pemerintahan setempat.

“Hindari praktek membuka lahan dengan cara membakar hutan,” tukasnya.

Gurning juga meminta agar masyarakat tidak membuang puntung rokok disembarang tempat, dan tidak meninggalkan api di hutan maupun lahan, yang berpotensi akan memicu karhutla.

“Kegiatan ini sebagai upaya prepentif untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta segala dampak negatif yang ditimbulkan akibat terjadinya kebakaran hutan dan lahan di lingkungan masing-masing,” pungkasnya. (ztm/osi)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close