Berita

Festival Teh Nusantara Digelar Dukung Potensi Wisata di Simalungun

FaseBerita.ID – Festival Teh Nusantara yang digelar di kebun Sidamanik, Kecamatan Sarimatondang, Kabupaten Simalungun diharapkan dapat menunjang potensi pariwisata yang ada di Simalungun khususnya Sidamanik.

Amatan media ini, festival teh Nusantara lebih banyak diramaikan anak-anak muda dan tidak banyak mereka belajar dan ber-selfie dengan HP masing-masing. Tidak hanya itu para orang tua juga datang dengan membawa anak-anak mereka.

Nikson Sitohang, selaku Direktur Festival mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari itu bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat luar, tentang keberadaan kebun teh Sidamanik serta pesona alamnya.

“Tujuannya adalah untuk memperkenalkan wisata-wisata yang ada di Kecamatan Sidamanik, seperti wisata Aek Manik, wisata Simatahuting, dan wisata air terjun Bah Biak, danau di atas kebun teh, rumah bolon, dan alat tenun khas Simalungun,” ujarnya.

Kemudian memberikan edukasi kepada wisatawan cara pemetikan teh yang benar dan pengolahan produk teh. Membranding potensi-potensi yang sudah ada di Sidamanik seperti produk Teh Sidamanik dan roti kipas. Menggali potensi, sanggar juga memberi ruang ke pemuda setempat untuk membuat inovasi baru di pariwisata yang berdampak kepada ekonomi masyarakat.

“Menjalin kerja sama terhadap masyarakat setempat untuk membangun homestay di Sidamanik. Dan Menargetkan 3000 pengunjung baik wisatawan domestik dan mancanegara,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Nikson, menyiapkan SDM yang sadar wisata dengan Workshop Sustainable Destinasi. Untuk menunjang hal itu, panitia membuat trip wisata yang dilakukan di hari kedua. Trip ini terbuka untuk umum.

“Sebelumnya telah berlangsung lomba mewarnai untuk tingkat anak TK dan SD kelas 1 sampai 3 yang dilaksanakan di SD Bahbutong. Berbagai penampilan dari masyarakat sekitar seperti, Band dari Marching SMP SMA Swiss, Trio SMP Simalungun, Tor-tor Somba dari SMP Sidamanik, Trio Grace English Course, Rap Ma Hita Band, Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan Serdang Berdagai, Frido Sihaloho, dan Pencak Silat Salam dari UINSU,” ujarnya. (Mag 04)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button