Berita

Ferry Ihan Batak Mulai Arungi Danau Toba

TOBASA, FaseBerita.ID – Pembangunan Kapal Roro 300 GT yang dikerjakan di Desa Parparean II, Kecamatan Porsea, Kabupaten Tobasa itu saat ini sedang dalam tahap finising, Sabtu (27/10).

Kapal yang diberi nama KMP Ihan Batak itu mencoba mengarungi Danau Toba di wilayah Kabupaten Tobasa, dari Porsea menuju pelabuhan Balige.

Ujicoba perdana itu dengan membawa rombongan Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian dan sejumlah pimpinan OPD beserta sejumlah peserta Karnaval Pesona Danau Toba ke 3 tahun 2018 kontingen Kecamatan Porsea menuju pusat pelaksanaan karnaval di Balige.

Baca: Tiket Kapal di Danau Toba Dijual Online

Hal itu disampaikan Kepala Pengawas PT Dok Bahari Nusantara, Dimas Munandar yang diwawancarai sesaat sebelum pemberangkatan ujicoba. Katanya, Ferry yang dikerjakan sejak Agustus 2017 itu akan rampung bulan depan.

“Hari ini kita ujicoba, sekaligus berpartisiasi memerihkan  Karnaval Pesona Danau Toba,” ungkapnya.

Sebagaimana diungkapkan Dirjen  Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi saat peluncuran kapal tersebut beberapa waktu lalu, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan mengalokasikan pembangunan kepal type Roro 300 GT untuk Danau Toba.

Baca: Gaet Calon Investor ke Danau Toba: Pemprovsu Siapkan Sistem Perizinan Online

Ferry tersebut dibangun dengan panjang ukuran 48.50 meter, dan lebar 12.60 meter, dan ditargetkan mampu menampung 280 orang penumpang dan sebanyak 30 unit kendaraan.

Oktober 2018, akan digelar serahterima dari PT Dok Bahari Nusantara kepada ASDP sekaligus diresmikan pengoperasiannya. Selanjutnya dijadwalkan mulai berlayar di Danau Toba sejak Desember 2018, melayani rute  Ajibata Kabupaten Toba Samosir – Ambarita Simanindo Kabupaten Samosir. (ft)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button