Berita

Fasilitas UNBK Tak Cukup, SMA Negeri 1 Gido Pinjam Laptop Siswa

FaseBerita.ID – UNBK di SMA Negeri 1 Gido, Kabupaten Nias, jumlah peserta yang mengikuti mengalami peningkatan dari tahun lalu. Jika tahun lalu yang mengikuti UNBK di sekolah itu sebanyak 262 siswa, tahun ini meningkat menjadi 364 siswa.

“Kita terpaksa minjam laptop siswa, karena fasilitas yang kita punya tidak mencukupi. Kejadian ini hanya tahun ini saja, kalau tahun depan jumlah siswa tidak sebanyak ini,” ujar kepala SMAN 1 Gido, Buala’atulo Zebua SPd kepada Sumut Pos, di ruang kerjanya, Jalan Karya Nomor 3, Hiliweto-Gido, Kabupaten Nias, Senin (1/4) lalu.

Selain itu, disekolah itu juga ada sekolah lain yang menumpang ujian karena failitas di sekolah mereka tidak memadai. Ada pun sekolah yang menumpang UNBK di SMAN 1 Gido yakni SMA Negeri 2 Bawolato sebanyak 52 siswa, SMA Negeri 1 Ulugawo sebanyak 47 siswa, dan SMA Negeri 1 Ma’u 32 siswa.

“Fasilitas di tiga sekolah itu, tidak memadai, juga di lokasinya tidak terjangkau jaringan internet. Mereka hanya meminjam tempat, kalau peralatan mereka siapkan sendiri,” ungkapnya.

Menurut Zebua, di Kecamatan Gido sering terjadi pemadaman arus listrik secara mendadak, sehingga untuk antisipasi selama pelaksanaan UNBK, pihak sekolah menggunakan genset yang kapasitasnya sebesar 30.000 KVA. Diakuinya hari pertama pelasanaan UNBK disekolahnya cukup berjalan lancar.



Pascasarjana

Unefa
1 2 3Laman berikutnya
Back to top button