Berita

Etnis Simalungun Pentas Seni Budaya di PSBD Kabupaten Asahan

KISARAN, Fase Berita.ID – Bupati Asahan beserta Istri hadir pada acara Pentas Seni Budaya Daerah (PSBD) Etnis Simalungun,dan ini yang merupakan suatu kehormatan bagi Etnis Simalungun kepada seseorang yang dianggap berjasa dalam melestarikan Seni Budaya Etnis Simalungun di Kabupaten Asahan dan selaku Pemimpin di Kabupaten Asahan Minggu (1/12/2019) sekira pukul 20.00 wib.

Pada kesempatan ini juga Bupati Asahan beserta Istri, Sekretaris PMS Simalungun Pusat, Ketua PMS Simalungun Kabupaten Asahan, Ketua Forkala Kabupaten Asahan, Pimpin Etnis dan Tamu undangan lainnya disajikan dengan penampilan seni budaya dari Etnis Simalungun berupa Tarian Taur-Taur, Ilah Mardoge, Huda-huda-Tobing-Tobing, Dihar-Pencak Silat, Tor-Tor Haroan Bolon,Tor-tor Sitalasari, Tor-Tor Martonun,Tor-Tor Mangalop Boru, Tor-Tor Sombah dan Nyanyian dari Simalungun.

Ketua PMS Kabupaten Asahan Saudin Sinaga pada sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Asahan beserta istri, tamu undangan dan masyarakat Kabupaten Asahan yang telah hadir menyaksikan penampilan seni budaya dari Etnis Simalungun pada PSBD Kabupaten Asahan Tahun 2019 ini.

Dikesempatan ini juga Ketua PMS Simalungun Pusat yang diwakili oleh Sekretaris PMS Simalungun Pusat Japaten Purba mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan yang telah memprogramkan kegiatan PSBD Kabupaten Asahan yang di gelar setiap 2 tahun sekali ini, dimana kami Etnis Simalungun dapat menampilkan seni budaya yang kami miliki,sehingga kami dapat mengenalkan seni budaya yang kami miliki kepada masyarakat Kabupaten Asahan.

“Kami juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Asahan dapat membina dan mengarahkan setiap etnis yang ada di Kabupaten Asahan, sehingga etnis-etnis yang ada di Kabupaten Asahan dapat terjaga kelestariannya”, ucap beliau.

Beliau juga berharap kepada masyarakat Etnis Simalungun yang ada di Kabupaten Asahan terkhusus kepada generasi muda dapat mencintai dan memelihara seni budaya Etnis Simalungun, karena seni budaya ini merupakan warisan dari leluhur kita.

Dikesempatan yang sama Bupati Asahan H. Surya, BSc pada pidatonya menyampaikan rasa terima kasih kepada Etnis Simalungun yang telah menampilkan seni budayanya pada PSBD Kabupaten Asahan tahun 2019 yang dapat disaksikan oleh masyarakat Kabupaten Asahan.

Kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Asahan beliau mengajak untuk menyaksikan PSBD Kabupaten Asahan Tahun 2019 yang menampilkan seni budaya dari setiap etnis yang ada di Kabupaten Asahan, sehingga wawasan yang kita miliki tentang seni budaya yang ada di Kabupaten Asahan semakin bertambah.

Surya juga menghimbau kepada seluruh pimpinan etnis dapat menjaga seni budaya yang dimiliki, jangan sampai seni budaya yang dimiliki oleh setiap etnis terkikis oleh kemajuan zaman.

Diakhir pidatonya beliau menyampaikan, akan mengupayakan lahan untuk setiap etnis yang belum memiliki lahan yang akan diperuntukan untuk rumah adat setiap etnis,”kata Surya.(int)

 

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close