Berita

Enam Hari Jelang Pemilu, KPU Asahan Kekurangan 9 Ribu Surat Suara

KISARAN, FaseBerita.ID – Kurang dari sepekan pesta demokrasi akbar Pemilu 2019 akan digelar pada 17 April 2019 mendatang. Namun hingga saat ini KPU Asahan sebegai panitia penyelenggara masih menunggu kekurangan 9 ribu surat suara dari pusat.

“Masih ada 9 ribu surat suara yang kita tunggu lagi dari pusat. Surat suara itu merupakan kekurangan yang sudah jauh hari kita ajukan sejak tanggal 1 April lalu,” kata Ketua KPU Asahan Hidayat SP saat dikonfirmasi di kantornya, Rabu (10/4).

Hidayat menambahkan, kekurangan surat suara tersebut termasuk beberapa di antaranya yang rusak yakni DPD sebanyak 2.080 suara, presiden sebanyak 47 surat suara, DPR RI 230 surat suara, Provinsi 800 surat suara dan Kabupaten sebanyak 135 surat suara rusak dari total per satu pemilihan 527 ribu surat suara setelah ditambah dua persen cadangan.

“Informasinya sedang dalam perjalanan. Kami berharap kekurangan surat suara itu segera tiba di Asahan dalam waktu dekat,” ujarnya.

Hidayat mengatakan, proses pengepakan tetap dilakukan meski masih ada kekurangan surat suara akibat rusak/cacat yang ditemukan pasca-dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara.

“Sekarang KPU Asahan lagi proses pengepakkan logistik ke kotak suara,” katanya.

Sementara itu di Gudang Logistik Pemilu KPU Asahan Jalan Gatot Subroto Kelurahan Kedai Ledang sejumlah pekerja termasuk panitia tingkat kecamatan dan Bawaslu sedang sibuk melakukan pengepakan logistik pemilu berupa tinta, spidol, surat suara dan lainnya ke dalam kotak suara.

KPU menargetkan pada Sabtu, 13 April 2019 mendatang seluruh logistik yang kurang akan dapat terpenuhi. Sehingga ia optimis semua logistik pemilu 2019 akan sampai ke setiap tempat pemungutan suara (TPS) sebelum 17 April 2019 diseluruh pelosok wilayah Kabupaten Asahan. (Per)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button