Berita

Efrin Girsang: Gotong Simbol Etnis Simalungun, Orang Muda Wajib Lestarikan

SIANTAR, FaseBerita.ID- Melestarikan kebudayaan adalah keharusan dari setiap kalangan masyarakat, termasuk para generasi muda. Setidaknya itulah yang dilakukan Efrin Girsang.

“Kita harus tahu  tentang suku yang kita dengan cara mengenal dan melestarikan budayanya,” kata Efrin.

Menurut Efrin, salah satu cara melestarikan budaya adalah membudayakan memakai gotong. Gotong merupakan aksesoris penutup kepala yang khusus digunakan oleh kaum pria di Simalungun sebagai kelengkapan pakaian adat.  Gotong selalu dipakai dalam setiap perayaan adat Simalungun. Pemakaian gotong dalam perayaan adat Simalungun merupakan bagian dari simbol budaya etnik Simalungun.

Walaupun gotong hanya bagian dari aksesoris pelengkap dalam pakaian adat Simalungun, akan tetapi gotong menyimpan berbagai kisah didalamnya, mulai dari sejarah hingga makna yang terkandung didalamnya.

“Melestarikan budaya itu penting. Apalagi kalau kita sendiri yang merancang. Itu suatu kebanggaan bagi saya,” kata pria berkulit putih, yang piawai dalam membuat gotong dengan aneka ukuran dan mode ini.

Berusaha melestarikan budaya dengan bentuk apapaun seperti karya tangannya sendiri, apalagi bisa dikenal orang lain adalah impiannya.

“Paling tidak, kita masih menghargai nilai-nilai sejarah yang terkandung didalamnya. Melestarikan budaya milik daerah asal yang merupakan keragamaan dari budaya Indonesia adalah suatu keindahan yang seharusnya dibanggakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Untuk itu, mari melestarikan budaya dengan berbagi seni yang kita miliki,” pungkasnya.

Efrin juga membuka kesempatan kepada orang-orang muda yang ingin belajar tentang gotong atau ingin memasarkan gotong hasil buatannya. (ros/fi)



Unefa

Pascasarjana
Back to top button