Berita

Dukung Destinasi Danau Toba, Pedagang Pantai Bebas Direlokasi ke Samping Hotel Pelangi

PARAPAT, FaseBerita.ID – Pemkab Simalungun melalui Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip) kembali berbenah. Sejumlah pedagang dari Pantai Bebas direlokasi ke tepi Danau Toba tepatnya di Jalan Sisingamangaraja samping Hotel Pelangi.

Relokasi itu dilakukan dalam rangka memberi kenyaman terhada wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba Parapat. Dalam kegiatan ini, pihak Kecamatan Girsip berkordinasi dengan Koramil II dan Polsek Parapat.

Mereka merelokasi puluhan pedagang kuliner dan asongan dari Pantai Bebas ke Jalan Sisingamangaraja, tepatnya disamping Hotel Pelangi.

Relokasi tersebut langsung dipimpin Camat Girsip didampingi Kasi Trantip Nelson Sinaga SH dan Lurah Parapat Rohana Sinaga bersama staf yang dihadiri puluhan pedagang.

Lurah Parapat Rohana br Sinaga menyampaikan, relokasi pedagang atas perintah pimpinan atau Bupati Simalungun. Dan sebelum dipindahkan telah dilakukan sosialisasi kepada pedagang.

“Relokasi ini atas perintah pimpinan, dan telah dilakukan sosialisasi serta rapat terhadap pedagang kuliner dan asongan khusus di Pantai Bebas. Hasil rapat, mereka ditempatkan di tepi Danau Toba dekat Hotel Pelangi,” kata Rohana.

Camat Girsip Eva Ulyarta Suryati Tambunan Skom Msi menjelaskan, kegiatan relokasi dalam rangka mendukung Destinasi Danau Toba. Makanya dilakukan penertiban pedagang khusus di pantai bebas.

“Kita melihat para pedagang berjualan dengan menggunakan meja dan payung pantai bebas. Sehinga terlihat menjadi kumuh. Makanya hari ini kita relokasi di suatu tempat. Tujuannya supaya terlihat rapi dan teratur seperti pedagang asongan,” jelas Camat.

Dijelaskanya, pedagang kuliner maupun asongan di Pantai Bebas yang direlokasi ada sebanyak 24 orang. Termasuk pedagang kuliner,  penjual mangga dan makanan.

“Apabila nanti masyarakat ditemukan buat meja di Pantai Bebas, akan segera ditertibkan. Karena haknya sudah kita kasih. Begitu juga tempat relokasi akan kami tarik kembali dengan alasan karena tidak mentaati apa yang menjadi kesepakatan dalam rapat bersama. Selain disini, juga pedagang di depan Atsari Hotel di trotoar Jalan Pagoda dan Tigaraja akan segera direlokasi kembali. Tujuannya untuk mendukung keindahan Danau Toba serta tertata dengan bagus,” ujarnya.

Camat juga mengimbau masyarakat supaya tetap menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing.

“Kita imbau masyarakat supaya tetap menjaga kebersihan lingkungan  mengingat daerah ini adalah tujuan objek wisata. Kalau suasana daerah ini terlihat kumuh, pasti pengunjung enggan datang kesini. Untuk itu mari bekerjasama menjaga keindahan itu, demi peningkatan ekonomi masyarakat,” ujar Eva.

Sementara seorang pedagang, W boru Sinaga mengucapkan terima kasih kepada pihak Kecamatan Girsip, karena telah peduli dan menyedikan tempat mereka untuk berjualan.

“Atas nama pedagang Pantai Bebas, kami berterima kasih kepada Ibu Camat dengan kebijakan ini. Kami siap menerima relokasi demi keindahan wisata Parapat,” kata Boru Sinaga.

Amatan di lokasi, relokasi pedagang di Pantai Bebas berjalan aman dan kondusif. Pedagang siap bekerjasama dengan Pemerintah untuk menjaga kebersihan di lokasi berjualan masing-masing. (AOS)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close