Berita

Duh, Masih Banyak Warga Belum Tahu Warna Surat Suara Pemilu 17 April

PALAS, FaseBerita.ID – Sosialisasi pemilu oleh KPU Kabupaten Palas dinilai belum maksimal. Selain hari H pemilihan, warna surat juga dianggap perlu diketahui warga untuk membedakan surat suara.

Diketahui, ada lima surat suara untuk masing-masing hak pilih nanti di bilik suara. Tentunya akan bingung jika si pemilih tak mengetahui warna surat suara Capres-cawapres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/kota.

Informasi yang dihimpun Metro Tabagsel, masih banyak warga yang belum tahu warna surat suara. Warna apa saja untuk Capres-cawapres, DPD, maupun DPR.

“Jadi apa saja rupanya warnanya,” tanya Ayah Anwar, salah satu warga di Padang Luar Sibuhuan.

Memang, sebagian warga terkesan pasrah saja. Tiba saatnya hari H pencoblosan, di situ pemilih akan disodorkan lima kertas surat suara. “Ah nanti kan tahu juga pas pencoblosan, kan dikasih tahu orang itu itu nanti,” timpal Budi Hasibuan.

Baca: Sosialisasi Pemilu Serentak 2019: Ayo ke TPS 17 April…

Sementara KPU meyakini, upaya sosialisasi, semaksimal mungkin telah disosialisasikan, termasuk upaya sosialisasi melalui relawan demokrasi (relasi). Bahkan rencananya KPU akan mencetak stiker untuk ditempelkam di warung-warung di tiap desa.

“Ada seribu stiker yang akan kita cetak,” ujar Indra Alamsyah Hasibuan, komisioner KPU divisi Sosialisasi kepada Metro Tabagsel, Selasa (26/3).

Hanya diakui komisioner yang akrab disapa Anca ini, sosialisasi pemilihan Umum serentak 17 April mendatang ini, tidak cukup dengan spanduk-spanduk yang dipasang. Sifatnya masih terbatas.

“Makanya kita tambah pake stiker itu. Kalau spanduk kan masih terbatas itu,” kata Anca.

Amatan Metro Tabagsel, bahkan warna surat suara ini tak ditempelkan di Kantor KPU Palas. Hanya ada kotak suara yang terpampang, yang menandakan warna-warna kertas suara. (tan)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button