Berita

Dugaan Korupsi Dana Desa Mantan Kades Ditangkap

TAPTENG, FaseBerita.ID – Mantan Kepala Desa Rawa Makmur, Kecamatan Kolang, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) ditangkap personel Polres Tapteng. Diduga ia terlibat korupsi dana desa.

Kapolres Tapteng AKBP Sukamat melalui Kasat Reskrim Polres Tapteng AKP Dodi Nainggolan mengatakan, penangkapan terhadap mantan Kades Rawa Makmur berinisial RSP itu dilakukan pihaknya, Minggu (21/7/2019) malam.

“Penangkapan pada Minggu, 21 Juli 2019 sekira pukul 20.00 WIB di Jalan SM Raja, Terminal Sibolga,” ujar AKP Dodi, Senin (22/7/2019).

Dijelaskannya, penangkapan terhadap RSP dilakukan pihaknya atas adanya dugaan tindak pidana korupsi dana desa terkait pekerjaan jalan sirtu di Dusun II dan III Desa Rawa Makmur.

AKP Dodi menuturkan, pekerjaan jalan sirtu tersebut dilaksanakan pada tahun 2016, dan akibat kasus korupsi tersebut, negara mengalami kerugian sebesar Rp280.912.024.

“Sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 Ayat (1) subs Pasal 3 UU RI Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah ditambah dan diubah dengan UU RI nomor 31 tahun 2001 tentang perubahan atas UU RI nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi,” ucapnya.

Disinggung apakah RSP sebelumnya telah ditetapkan DPO mengingat kasus tindak pidana korupsi dana desa yang diduga dilakukan oleh RSP tersebut tahun 2016, Dodi mengatakan tidak ada penetapan DPO, dan baru berhasilnya RSP ditangkap karena selama ini RSP selalu lari dari petugas. “Lari-lari saja, belum (ditetapkan DPO sebelumnya,red),” katanya.

Diketahui, pada tahun 2017 RSP telah dinonaktifkan dari jabatannya sebagai Kades Rawa Makmur setelah Inspektorat Kabupaten Tapteng menyatakan ada kerugian terkait dana desa di Desa Rawa Makmur. (dh)

iklan usi



Back to top button