Berita

Dua dari Tiga Pimpinan DPRD Humbahas Dilantik

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Humbang Hasundutan (Humbahas) periode 2019-2024 dilantik, Selasa (12/11/2019). Keduanya, yaitu Ramses Lumban Gaol dari PDIP sebagai ketua, sementara Marolop Manik dari Golkar sebagai wakil ketua.

Pelantikan yang berlangsung di gedung rapat Paripurna DPRD Humbahas tersebut, seyogianya melibatkan Labuan Sihombing dari partai Hanura yang juga sebagai wakil ketua. Namun karena SK pelantikannya belum diterbitkan oleh Gubsu, sehingga Labuan belum ikut dilantik. Sementara itu, pengambilan sumpah janji dipandu oleh ketua Pengadilan Negeri (PN) Tarutung Zefri Mayeldo Harahap, didampingi rohaniawan.

Dasar pelantikan sesuai dengan surat keputusan Gubernur Sumut No 188.44/686/KPTS/2019 tentang peresmian dan pengangkatan pimpinan DPRD Humbahas dan amanat UU No 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD kabupaten kota terdiri dari satu orang ketua dan dua orang wakil ketua.

Usai dilantik, dalam sambutannya Ramses mengatakan, pimpinan DPRD yang dilantik dan juga telah diambil sumpah dan janji agar menyusun rencana kerja pimpinan DPRD; melakukan koordinasi dalam rangka mensinergikan pelaksanaan agenda kerja dan materi kegiatan dari alat kelengkapan.

Terpisah, Sekretaris DPRD Humbahas Parlindungan Simamora, membenarkan paripurna pelantikan dan pengambilan sumpah janji pimpinan DPRD hanya diikuti dua dari tiga unsur pimpinan yang seharusnya dilantik.

Dikatakannya, Acara pelantikan dan pengambilan sumpah berjalan sukses meskipun satu orang unsur wakil pimpinan dari Hanura belum juga turut dilantik. “Karena SK Gubsu belum diterbitkan. Namun hal itu tidak mempengaruhi jadwal agenda rapat,” ujar Parlindungan lewat sellulernya.

Menurut Dia, hal itu juga tidak mempengaruhi dalam pembentukan alat kelengkapan dan program kerja DPRD Humbahas. “Dengan berjalannya pelantikan, selanjutnya agenda kerja DPRD Humbahas, seperti pembentukan alat kelengkapan DPRD dan penyusunan program kerja tahun 2020 serta pembahasan   RAPBD Kabupaten Humbahas tahun 2020 akan dijadwal Senin, pekan depan,” terangnya. (sht/ahu)

Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close