Berita

dr Polentyno Girsang: Makna Radiapoh Hasiholan, Sosok yang Dirindu Mengayomi

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Ada kejutan dari Pembina Universitas Simalungun, dr Polentyno Girsang, saat Bakal Calon Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) berkunjung ke Universitas Simalungun (USI), untuk membangun silaturahmi dengan lembaga pendidikan tinggi tersebut, Senin 21 September 2020.

Pada pertemuan itu, Polentyno Girsang menyampaikan makna dari nama Radiapoh Hasiholan. Dokter itu salut dengan orang tua RHS yang memberikan nama itu.

Menurut Polentyno, dari bahasa Simalungun, Radiapoh Hasiholan terdiri dari tiga kata yang dikonversi menjadi dua kata. Yakni, ra, di-apoh dan hasiholan. “Ra” yang artinya dalam bahasa Simalungun adalah mau. “Apoh” yang dimaknai mengayomi, sedangkan “Hasiholan” adalah kerinduan maayarakat.

Sehingga, menurut Polentyno, Radipoh Hasiholan memiliki makna sosok yang dirindukan untuk mengayomi. Dalam hal ini, diharapkan RHS dapat mengayomi masyarakat Simalungun kedepannya.

Pada kesempatan itu, Polentyno juga mengungkap keberhasilan dan kepedulian RHS sebagai seorang pengusaha. Seperti kepedulian terhadap pengkhotbah yang ia berikan kesempatan belajar ke Yerussalem. Begitu juga dengan memberangkatkan tokoh muslim untuk umroh.

Kemudian, terkait USI dan Pemkab Simalungun, Polentyno juga bercerita tentang berdirinya USI sekira 55 tahun lalu, yang kini luas lahannya sekira 38 hektar.

Katanya, USI berdiri, karena dimasa itu, Bupati Simalungun, Rajamin Purba melihat sulitnya masyarakat Simalungun dan Siantar untuk mendapatkan pendidikan. Terutama pendidikan tinggi.(rel/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button