Berita

DPRD Sumut Dukung Pendirian Universitas Negeri di Siantar: Hefriansyah Diminta Ambil Peluang

FaseBerita.ID – Anggota DPRD Sumatera Utara Periode 2019-2024 menilai pendirian Universitas Negeri di Siantar, sudah saatnya dan bersifat penting. Letak strategis Kota Siantar dan tingginya jumlah siswa yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi menjadi alasan utama.

Politisi Partai Gerindra Gusmiyadi, yang akrab dipanggil Goben, ‘menantang’ Walikota Siantar Hefriansyah untuk mengambil momen ini dengan menginisiasi pembentukan universitas negeri di Kota Pematangsiantar melalui OPD terkait di bawah pimpinannya untuk mengambil langkah-langkah awal untuk mendirikan universitas negeri.

“Gagasan yang luar biasa. Kita setuju. Peraturannya pendirian harus dilakukan oleh pemerintah. Dalam hal ini Pemko Siantar dipimpin walikota Siantar Hefriansyah. Andai dilakukan, dia bisa memulai menanam tonggak sejarah mendirikan universitas negeri di Siantar. Dia trigger. Kita harus menanam kan respeck ke walikota, jika itu terjadi,” kata Gusmiyadi.

Dijelaskan Gusmiyadi, sebagai anak Siantar, selama ini sudah dininabobokan bahwa Siantar adalah kota pendidikan. Kalau kota pendidikan perlu barometer. Namanya kota pendidikan, seperti apa.

“Dulu kita diuntungkan secara geografis. Posisi strategis. Namun kondisi berubah, karena kemajuan akses infrastruktur membypass Siantar. Sisi strategis berkurang dan bahkan hilang,” katanya.

Menurut Goben, pendirian universitas negeri di Siantar akan menaikkan marwah dan menguatkan supremasi Kota Siantar sebagai kota pendidikan. Sifatnya konkrit dan harus direalisasikan.

“Kita memiliki kriteria. Ada lahan di Tanjung Pinggir. Potensial. Walikota harus melihat ini sebagai peluang strategis yang harus diambil. Memimpin semangat warga Siantar untuk memiliki universitas negeri. Mementum bagus untuk walikota. Jika ingin punya catatan sejarah baik, ini salah satu caranya. ini. Tinggal konsolidasi, studi kelayakan, sebagai bahan untuk mengusulkan ke pemerintah pusat,” katanya.

Hal senada disampaikan Anggota DPRD Sumut dari PDI Perjuangan Mangapul Purba. Menurut Ketua Fraksi PDIP Sumut ini, pembentukan Universitas muaranya bagaimana rakyat memeroleh palayanan pemerintah bidang pendididkan tinggi.

“Kita sangat mendukung dan meminta instansi terkait, Pemko atau Pemkab melakukan langkah-langkah untuk merealisasikannya,” katanya.

Menurut Mangapul, perkembangan universitas di Siantar-Simalungun sangat pesat. Bahkan mahasiswanya cukup banyak, baik di perguruan umum maupun kejurusan serta sekolah tinggi.

“Caranya bagaimana Pemko atau Pemkab melaksanakan fungsi pemerintahan. Kita siap bekerjasama lah. Siap mendukung untuk kepentingan rakyat di Siantar-Simalungun, siap melakukan apa saja. Universitas ini sudah dalam kondisi yang sangat kita butuhkan,”pungkasnya.

Sementara politisi Partai Golkar, Iskandar Sinaga mengatakan, Siantar-Simalungun dan wilayah di sekitar Danau Toba membutuhkan sumber daya manusia yang handal di bidangnya.

“Cocok kali lah itu, itu sangat urgent untuk Siantar-Simalungun. Dari pada masyarakat ke luar daerah, bahkan ke Jawa dan seluruh pulau di Indonesia untuk kuliah di universitas negeri. Kita akan dorong Pemko dan DPRD masing-masing. Kami di DPRD Sumut juga akan mengajukan ke RPJM,” katanya.

Iskandar berharap, Pemko dan DPRD membuat program untuk mengusulkan pendirian universitas negeri di Siantar.

“Kami akan dorong di provinsi. Biar berjenjang dia. Tokoh di Siantar-Simalungun juga harus bersatu menyuarakan ini,”pungkasnya. (esa)

Universitas Simalungun  
Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close